JPNN.com

Cuka Apel Baik Untuk Menurunkan Berat Badan?

Rabu, 27 April 2016 – 17:32 WIB
Cuka Apel Baik Untuk Menurunkan Berat Badan? - JPNN.com
Ilustrasi. Foto Divalikes

CUKA apel biasanya kerap digunakan untuk perawatan rambut, kulit, penyembuhan, memasak bahkan sebagai alat pembersih rumah tangga.

Lalu apakah cuka apel juga baik untuk menurunkan berat badan?

Cuka apel tentunya bukanlah merupakan minuman lezat yang bisa Anda minum. Dari penelitian kecil yang dipublikasikan pada 2009 dalam jurnal Bioscience, Bioteknologi dan Biokimia.

Mereka menemukan bahwa, orang dewasa Jepang yang berbadan gemuk, lalu minum hingga dua sendok makan cuka sari apel setiap hari, kehilangan satu hingga dua kg setelah mengkonsumsinya dalam 12 minggu.

"Mungkin ada beberapa kebenaran mengenai cuka apel yang membantu penurunan berat badan," ujar ahli diet gizi, Beth Warren, seperti dilansir laman Glamour, Selasa (26/4).

Begini cara kerjanya, cuka apel mengkonversi beberapa pati dalam karbohidrat serat yang tidak bisa dicerna, menurunkan jumlah karbohidrat yang sebenarnya diserap oleh tubuh Anda, serta indeks glikemik (yaitu berapa banyak karbohidrat berdampak gula darah Anda).

"Cuka apel juga bisa mengekang nafsu makan, namun peneliti merasa mungkin hal itu dikaitkan dengan rasa mual yang menyertai setelah Anda mengonsumsi cuka," kata Warren.

Pada dasarnya, minum cuka untuk menurunkan berat badan memiliki beberapa efek samping negatif. Karena cuka adalah asam, tentunya hal ini menyebabkan beberapa ketidaknyamanan. Seperti pencernaan, menggangu asam lambung dan merusak enamel gigi.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
yessy