Pemerintah Curiga Ada Campur Tangan Asing di Pemilu 2024, Semua LSM Bakal Diaudit

Pemerintah Curiga Ada Campur Tangan Asing di Pemilu 2024, Semua LSM Bakal Diaudit
Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan menyatakan bakal mengaudit Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) di Indonesia. Foto: Kenny Kurnia Putra/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Beredar kabar isu dugaan intervensi Amerika Serikat dalam rangka pelaksanaan pemilu di Indonesia.

Kabar itu muncul berdasarkan hasil liputan investigatif yang telah dilakukan oleh seorang wartawan bernama Kit Klarenberg dari Mintpress News (media AS).

Dalam laporan liputan investigasinya, Klarenberg mengaku mendapat bocoran dokumen yang mengungkapkan peran badan intelijen Amerika CIA sedang menyiapkan operasi Color Revolution di Indonesia.

Dugaan intervensi AS itu dilakukan dengan cara bekerja sama dengan LSM asing khususnya, LSM Amerika National Endowment for Democracy (NED), dan International Republican Institute (IRI) serta telah berkolaborasi dengan LSM lokal, termasuk Perludem.

Tak hanya itu, dalam laporan tersebut, LSM AS juga membimbing pemimpin muda dan tokoh partai untuk memastikan kepentingan AS dalam Pemilu 2024.

Menanggapi lah itu, Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan menyatakan bakal mengaudit Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) di Indonesia.

Luhut menyebutkan audit itu perlu dilakukan karena ada campur tangan asing melalui LSM di Indonesia.

Selain itu, audit perlu dilakukan untuk mengetahui aliran dana yang didapatkan oleh LSM yang ada campur tangan asing melalui LSM di Indonesia.

Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan menyatakan bakal mengaudit Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) di Indonesia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News