Curiga Kejahatan Narkoba di Lapas Dibekingi Kekuatan Besar

Curiga Kejahatan Narkoba di Lapas Dibekingi Kekuatan Besar
Curiga Kejahatan Narkoba di Lapas Dibekingi Kekuatan Besar

jpnn.com - JAKARTA - Anggota Komisi III DPR Bambang Soesatyo mengatakan, kasus pabrik sabu di Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Narkotika Cipinang menjadi bukti bahwa petugas lapas tidak segan atau tidak takut terhadap atasan. Padahal Wakil Menteri Hukum dan HAM (Wamenkumham) Denny Indrayana kerap melakukan inspeksi mendadak (Sidak) ke lapas.

"Kalau mereka segan atau takut, Lapas Cipinang pasti bersih dari kejahatan narkoba," ujar Bambang di Jakarta, Selasa (13/8).

Ia menuturkan, jika petugas lapas sampai berani bertindak seperti itu berarti kejahatan narkoba di dalam lapas sudah dibeking oleh kekuatan yang amat besar. Kekuatan besar itu boleh jadi sangat disegani para petugas lapas.

"Sebab, kekuasaan mereka mungkin saja bisa melampaui wewenang Menkumham dan Wamenkumham," ucap Bambang.

Wakil Bendahara Umum Partai Golkar itu menyatakan, kemungkinan itu perlu didalami Menkum HAM Amir Syamsuddin dan penegak hukum lainnya. Mereka tidak cukup hanya melakukan penyelidikan.

"Menteri Amir harus berani mengungkap siapa yang menjadi beking beroperasinya pabrik sabu di dalam lapas," ujar Bambang.

Menurut dia, jika kekuatan besar itu tidak diungkap, pabrik sabu di dalam lapas pasti akan selalu ada. "Hari ini digerebek, minggu depan pabrik itu akan beroperasi lagi. Atau, hari ini digerebek di Cipinang, pabrik sabu tetap beroperasi di lapas lain," katanya. (gil/jpnn)

 

JAKARTA - Anggota Komisi III DPR Bambang Soesatyo mengatakan, kasus pabrik sabu di Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Narkotika Cipinang menjadi bukti


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News