Daerah Kaya tapi Minta Bantuan Pusat

Keluhkan Jalan dan Listrik

Daerah Kaya tapi Minta Bantuan Pusat
Daerah Kaya tapi Minta Bantuan Pusat
JAKARTA -- Meski memiliki kekayaan sumber daya alam yang melimpah, infrastruktur di Riau masih jauh dari harapan. Dalam paparannya saat bertemu dengan Forum Wartawan Ekonomi, Keuangan dan Moneter (Forkem) di Kementrian Keuangan, Jumat (16/10), Gubernur Riau HM Rusli Zainal bahkan mengatakan, infrastruktur jalan dan listrik di negeri yang kaya dengan minyak ini justru sangat menyedihkan.

‘’Listrik kita sangat kritis, begitu pula dengan jalan. Bisa dikatakan, kondisi pelayanan jalan lintas timur dalam wilayah Riau adalah yang terburuk di Sumatera. Kita terus berupaya dengan APBN kita. Namun bagaimanapun tentu kita membutuhkan dukungan dari pemerintah pusat,’’ ungkap Rusli.

Dijelaskannya, pertumbuhan kebutuhan permintaan energi listrik di Riau setiap tahunnya rata-rata 12 persen. Sementara ratio elektrifikasi di Provinsi Riau baru sekitar 42,62 persen atau dibawah rata-rata nasional yakni 66 persen.

Sedangkan kondisi jalan, terdapat 65 persen atau sekitar 700 km jalan aspal jalur nasional di Provinsi Riau yang usianya telah melampaui umur. Terdapat pula sekitar 70 persen atau 795 km ruas jalan nasional yang belum memenuhi lebar standar jalan nasional.

JAKARTA -- Meski memiliki kekayaan sumber daya alam yang melimpah, infrastruktur di Riau masih jauh dari harapan. Dalam paparannya saat bertemu dengan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News