Daftar Tunggu Haji Dipastikan Berkurang

Daftar Tunggu Haji Dipastikan Berkurang
Foto ilustrasi.dok. Jawa Pos

jpnn.com - MEMPAWAH -  Dipastikan, antrean daftar tunggu calon jamaah haji Kabupaten Mempawah, Kalbar, bakal berkurang. Hal ini menyusul tambahan kuota haji pada tahun 2016.

Tercatat, hingga Agustus 2015 sebanyak 1.856 warga untuk bisa menunaikan Rukun Islam ke-5 itu.

“Informasi dari pusat, nantinya kita (Mempawah, red) mendapatkan tambahan kuota haji. Berapa jumlahnya belum tahu, yang pasti akan bertambah,” ungkap Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Mempawah, Kasiman.

Penambahan kuota, kata Karsiman, karena pembangunan yang dilakukan di Tanah Suci sudah ada yang rampung. “Jika bangunan itu rampung, maka kuota jemaah haji Mempawah akan ditambah. Karena saat ini kuota jemaah haji kita hanya sekitar 134 orang,” ujarnya.

Dijelaskannya, jika kuota jemaah haji Kabupaten Mempawah masih tetap 134 orang, maka calon jemaah haji (Calhaj) yang masuk daftar tunggu mencapai 1.856 orang berdasarkan data Agustus 2015.

“Jika kuota kita tetap 134 orang, maka daftar tunggu sekitar 11 tahun 8 bulan. Makanya penambahan kuota haji akan mengurangi daftar tunggu,” paparnya.

Meski belum bisa memastikan jumlah kuota haji pada tahun 2016, namun Karsiman memperkirakan kuota haji Kabupaten Mempawah akan dikembalikan ke kuota semula sebanyak 167 orang, sebelum adanya pengurangan kuota karena adanya pembangunan di Mekkah.

“Dulu kuota dikurangi karena ada pembangunan di tempat ibadah haji. Jadi kuota haji Mempawah harus dipangkas 20 persen ,” ujarnya. (sky/sam/jpnn)


MEMPAWAH -  Dipastikan, antrean daftar tunggu calon jamaah haji Kabupaten Mempawah, Kalbar, bakal berkurang. Hal ini menyusul tambahan kuota


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News