Daftarkan TMII Agar Jadi Warisan Dunia

Daftarkan TMII Agar Jadi Warisan Dunia
Daftarkan TMII Agar Jadi Warisan Dunia

jpnn.com - JAKARTA - Taman Mini Indonesia Indah (TMII) sejak beberapa bulan lalu telah didaftarkan sebagai salah satu warisan budaya dunia bukan benda ke United Nations Educational Scientific and Cultural (UNESCO). Menurut Kepala Kantor Perwakilan Provinsi Sumatera Utara di Jakarta, Nursalim Affan Hasibuan, TMII didaftarkan sebagai warisan dunia untuk kategori cara-cara terbaik (best practices) sebagai wahana pelestarian, perlindungan, pengembangan pendidikan dan transmisi kegiatan kebudayaan kepada generasi penerus.

"Jika UNESCO menerima usulan nominasi tersebut, yang akan diputuskan November tahun ini, maka TMII akan menjadi salah satu aset budaya dunia," ujarnya di Jakarta, Senin (26/5).

Menurut Affan, jika usulan itu diterima maka keberadaan TMII ke depan akan menjadi sangat penting sebagai wahana pelestarian budaya di Indonesia.  "Jadi ketika masuk sebagai warisan dunia, keberadaan TMII menjadi penting, dan penyebaran informasi yang lebih luas ke seluruh negara anggota PBB akan mengalirkan kunjungan wisatawan yang lebih deras lagi. Ini akan berdampak positif bagi daerah," katanya.

Karena itu demi menyongsong agar TMII dapat terpilih sebagao cagar budaya UNESCO, Affan mengharapkan pemerintah daerah lebih kreatif dalam mengemas promosi tentang tujuan wisata di daerah masing-masing dengan memanfaatkan anjungan di TMII. Dengan demikian para investor maupun pelancong tertarik untuk melihat langsung potensi daerah.

"Saya sudah menyampaikan pandangan ini dalam forum rapat sinkronisasi Program Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten/Kota se-Sumatera Utara yang dilangsungkan di Berastagi, Senin (19/5) lalu. Kita harapkan dengan kedudukannya di Ibukota Jakarta, anjungan daerah dapat menjadi titik masuk mengenalkan semua potensi Kabupaten/Kota di Sumatera Utara ke hadapan masyarakat dunia," katanya.(gir/jpnn)


JAKARTA - Taman Mini Indonesia Indah (TMII) sejak beberapa bulan lalu telah didaftarkan sebagai salah satu warisan budaya dunia bukan benda ke United


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News