Dahlan Iskan Dihadiahi Budha Tertawa

Arif Harsono: Wajah yang Membawa Rezeki dan Kebahagiaan

Dahlan Iskan Dihadiahi Budha Tertawa
Meneg BUMN Dahlan Iskan dihadiahi patung Budha tertawa oleh Arif Harsono, wajah yang membawa rezeki dan kebahagiaan. Foto: Djunaini KS/Rakyat Kalbar

jpnn.com - KUBU RAYA- Setelah diresmikan Menteri Agama, Suryadharma Ali, giliran Menteri BUMN Dahlan Iskan didaulat menandatangani prasasti Maha Vihara Maitreya Kalbar, di Jalan Arteri Supadio, Minggu (27/10).

Tak hanya didaulat meneken prasasti, Dahlan pun diminta memberikan sambutan. Bicara bahasa Mandarin dengan fasihnya, aplaus bertubi-tubi datang dari lebih seribu umat Budha yang hadir. Selera humor mantan Dirut PLN itu terasa segar, bahkan Pendeta Wang—Sesepuh umat Budha se-Dunia pun tampak tersenyum senang.

Usai sambutan, Dahlan dipakaikan sebuah arloji bernama “Time is Happiness” yang diciptakan oleh Pendeta Wang sendiri. Sesepuh itu menyebut, jam tangan itu sebagai buah dari kerja keras seseorang yang sangat menghargai waktu, time is money. Seperti diketahui, Dahlan adalah penggagas dan motivator dari motto “Kerja, kerja, kerja!”

Tak hanya arloji kebahagiaan, Ketua Walubi, Ir. Arif Harsono memberikan cendera mata berupa patung Budha Tertawa yang melambangkan kebahagiaan dan keikhlasan. “Pak Dahlan itu selalu tampil dengan senyum, selalu tertawa. Selalu akrab dan ramah kepada siapapun, wajah yang membawa rezeki dan kebahagiaan,” kata Arif disambut tepuk riuh hadirin.

Kagumi Kesabaran
Sebelum meninggalkan vihara, Dahlan mengaku bangga atas kesabaran Umat Budha Kalbar dalam membangun tempat ibadah itu. "Ini bangunan yang megah, mereka sabar sekali selama 12 tahun kumpulkan dananya. Namun akhirnya sekarang berdiri megah bangunan tiga lantai Maha Vihara Maittreya Kalbar ini," tuturnya kepada wartawan.

Ditanya makna sambutannya yang disampaikan dalam bahasa Mandarin, ia mengungkapkan, selain ucapan selamat atas peresmian vihara, dia menyampaikan kekaguman atas kesabaran, keuletan dan keteguhan serta gotong-royong yang kuat.

Juga teringat saat dirinya menjalani operasi ganti hati di Tianjin, RRC. "Kemudian saya ingat waktu saya sakit, masuk ruang operasi untuk ganti hati, 1000 umat Budha berkumpul di Vihara Surabaya. Kemudian mereka bertekad selama saya di ruang operasi mereka berdoa untuk saya tanpa henti dan mereka minta diberitahu kalau operasi sudah selesai. Operasi persis selama sembilan jam waktu itu," kisah Dahlan.

Ada yang unik dan mengharukan saat umat Budha di Vihara Surabaya itu berdoa. "Di tengah-tengah mereka ada api lilin seperti kena angin ribut. Dan mereka khawatir kalau operasi saya gagal. Sehingga mereka terus meningkatkan doanya dan pelan-pelan api lilin tenang, tidak lama kemudian mereka dapat telepon dari rumah sakit bahwa operasi saya sudah selesai," haru Dahlan.
 
Sehinga, lanjut pria yang membangun pesantren keluarga di Magetan itu, melalui peristiwa sakit itu dirinya terkesan memiliki hubungan dekat dengan Umat Budha dan umat beragama lainnya.

KUBU RAYA- Setelah diresmikan Menteri Agama, Suryadharma Ali, giliran Menteri BUMN Dahlan Iskan didaulat menandatangani prasasti Maha Vihara Maitreya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News