Dahlan Iskan: Keindahan Alam Bali Bisa Satukan Perbedaan

Dahlan Iskan: Keindahan Alam Bali Bisa Satukan Perbedaan
Menteri BUMN Dahlan Iskan didampingi istri, Nafsiah Sabri saat menyapa para pendukungnya yang telah menunggu di arena Debat Konvensi Partai Demokrat di Hotel Aston Denpasar, Selasa (18/2). Foto: Yessy Artada/JPNN.com

jpnn.com - DENPASAR - Debat konvensi Partai Demokrat (PD) yang berlangsung di Hotel Aston Denpasar, Selasa (18/2) malam ini berlangsung meriah dan seru. Debat konvensi kali ini mengangkat tema masalah sosial di Indonesia.

Seluruh peserta konvensi calon presiden (capres) PD mendapat pertanyaan yang sama dari panitia konvensi, yakni kontribusi masyarakat di Bali yang bisa disumbangkan pada masyarakat secara keseluruhannya untuk menjaga perdamaian dunia. Menanggapi pertanyaan itu, Dahlan Iskan yang juga menjadi salah satu peserta konvensi menyatakan, banyak hal yang dapat ditiru dari masyarakat yang berdomisili di Bali, terutama kerukunan.

"Saya sudah mengamati seluruh Indonesia dan berbagai negara, yang bisa menyatukan segala hal yang baru sejauh ini baru di Bali," ucap Dahlan saat debat tengah berlangsung.

Mantan Dirut PLN yang kini memimpin Kementerian BUMN itu mengaku salut dengan masyarakat Bali. Sebab, masyarakat yang tinggal di Bali sampai saat ini bisa terus berkembang di tengah banyaknya perbedaan. Namun, katanya, perbedaan itu bisa dicairkan dengan keindahan alam di Bali.

"Bagaimana agama bisa menyatu dengan adat istiadat, kebudayaan, kesejahteraan atau keberlangsungan hidup. Ini satu kenyataan yang harus bisa menginspirasi kita semua. Di Bali beda agama ada, beda budaya ada, tapi ini bisa mensejahterakan mereka semua lewat keindahan alam," ulasnya.

Karenanya Dahlan berharap agar perbedaan ini bisa ditiru oleh daerah lain, supaya perbedaan itu tidak menimbulkan masalah tapi justru bermanfaat. "Saya membayangkan agama, adat, budaya, lingkungan hidup dan kesejahteraan itu bisa menyatu. Kalau ini bisa terus disebarluaskan, maka semua persoalan perbedaan di masyarakat akan selalu bisa diselesaikan," pungkasnya.(chi/jpnn)


DENPASAR - Debat konvensi Partai Demokrat (PD) yang berlangsung di Hotel Aston Denpasar, Selasa (18/2) malam ini berlangsung meriah dan seru. Debat


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News