Dahlan Iskan Siapkan Proyek Besar di Papua

Dahlan Iskan Siapkan Proyek Besar di Papua
Dahlan Iskan Siapkan Proyek Besar di Papua

jpnn.com - JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan memaparkan berbagai rencana pembangunan di Papua yang akan dilakukannya bersama perseroan.

Salah satunya adalah proyek besar yang akan dibangun BUMN di Papua, yakni pelabuhan Sorong yang nantinya akan diperluas. "Sehingga nanti Pelabuhan Sorong akan sama besar dengan pelabuhan Makassar," papar Dahlan dihadapan ratusan pelajar dan mahasiswa asal Papua saat berdialog di Aula Museum Listrik, TMII, Jakarta, Jumat malam (30/8).

Menurut Dahlan, dengan adanya pelabuhan besar di Sorong maka komoditas ekspor dari wilayah Papua dan sekitarnya tidak perlu lagi melalui Pelabuhan Makassar. Begitupun komoditas asal Maluku dan NTT.

"Selain akan memperpendek waktu, juga akan mengurangi biaya. Bisa berkurang 50 persen lah," akunya.

Agar cepat terwujud rencana itu, semua proses pembiayaan akan dikerjakan oleh perusahaan pelat merah ini. Setidaknya proses pembangunan akan dimulai akhir tahun ini. "Yang pasti semua akan dibiayai BUMN sendiri, tidak pakai dana APBN, agar lebih cepat pengerjaannya seperti tol Bali di atas laut," tandasnya

Selama dialog berlangsung Dahlan juga tampak cepat berbaur dengan ratusan pelajar dan mahasiswa asal Papua ini. Bekas Dirut PLN ini juga sempat berujar kalau dia suka makan talas dari Wamena. Bahkan di rumahnya Dahlan mengaku punya banyak stok talas.

"Saya tadi pagi sarapan talas Papua, rasanya enak. Saya selalu punya stok talas Papua. Tiap bulan saya dikirimi 20 kg talas dari Wamena," pungkas Dahlan sembari diiringi riuh tepuk tangan. (chi/jpnn)


Berita Selanjutnya:
Suku Bunga Kredit Naik

JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan memaparkan berbagai rencana pembangunan di Papua yang akan dilakukannya bersama perseroan.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News