Dahlan Pastikan Saham PGN tak Tertekan Karena Akuisisi

Dahlan Pastikan Saham PGN tak Tertekan Karena Akuisisi
Dahlan Pastikan Saham PGN tak Tertekan Karena Akuisisi

jpnn.com - JAKARTA - Kabar belum pastinya dua opsi terkait akuisisi anak perusahaan Pertamina, Pertagas oleh PGN dan akuisisi PGN oleh Pertamina diyakini banyak orang dapat berdampak pada menurunnya nilai saham PGN. Namun tidak demikian dengan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan.

"Seandainya Pertagas diambil oleh PGN, dan PGN diambil oleh Pertagas, maka nilainya (saham-red) tidak terkulasi, jumlah sahamnya tidak, tapi presentasenya," tutur Dahlan di Gedung Kementerian BUMN, Jakarta, Jumat (17/1).

Pria asal Magetan ini lantas memberikan perumpamaan hitung-hitungan perolehan saham. "Jika seorang memiliki saham dengan besaran 50 persen dengan nilai Rp 100 juta, maka dengan akuisisi saham akan mengalami penurunan menjadi 25 persen. Tetapi dengan saham menjadi 25 persen, nilainya bisa menjadi Rp 200 juta," papar mantan Dirut PLN ini.

Sebelumnya, Dahlan telah membuat dua opsi menyangkut akuisisi perusahaan pelat merah itu. Dua opsi tersebut antara lain, PGN dipersilahkan untuk mengakuisisi anak usaha Pertamina yakni Pertagas, lalu opsi kedua mempersilahkan Pertamina sekaligus mengakuisisi PGN.

Dikatakan Dahlan bahwa ide akuisisi tersebut dilakukan semata-mata untuk kejayaan BUMN agar tidak saling berseteru dalam mengelola gas. (chi/jpnn)


Berita Selanjutnya:
Transisi Redenominasi Mundur

JAKARTA - Kabar belum pastinya dua opsi terkait akuisisi anak perusahaan Pertamina, Pertagas oleh PGN dan akuisisi PGN oleh Pertamina diyakini banyak


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News