Nasib Merpati Diputuskan Minggu Depan

Nasib Merpati Diputuskan Minggu Depan
Nasib Merpati Diputuskan Minggu Depan

jpnn.com - JAKARTA - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tak lama lagi akan memutuskan nasib PT Merpati Nusantara Airlines (MNA). Rencananya minggu depan Merpati akan mengumumkannya.

"Merpati, tunggu hari Senin (20/1). Akan ada keputusan soal Merpati," ucap Menteri BUMN Dahlan Iskan, Jumat (17/1).

Keputusan itu akan disampaikan oleh Dahlan sesuai dengan kesepakatan bersama dengan Menteri Perekonomian Hatta Rajasa yang sudah memberikan mandat untuk itu. Hatta setuju Merpati dipertahankan dan dia menyerahkan sepenuhnya nasib penyelamatan Merpati pada Kementerian BUMN.

"Pak Menko jelas garisnya (Merpati-red) jangan dibubarkan. Kan jelas garisnya pada rapat koordinasi kemarin. Terus bagaimana jangan dibubarkan itu diserahkan BUMN untuk memutuskan," terang dia.

Maka itu, Dahlan telah memberikan tiga opsi untuk menyelamatkan Merpati. Salah satunya yakni melepas anak usaha Merpati, Merpati Maintenance Facility (MMF) pada PT PPA sambil mencari KSO.

Poin kedua, mengijinkan Merpati mendirikan anak perusahaan khusus untuk menjalin KSO dengan partner baru. Sebab menurut hematnya, dengan mendirikan anak perusahaan, maka partner KSO tidak akan terbebani masalah-masalah utang lama Merpati yang mencapai Rp 7 triliun lebih.

Terakhir, pria asal Magetan itu juga meminta agar Merpati mengurus terus restrukturisasi utang lamanya untuk dijadikan equity (modal-red). "Nanti apa saja yang Merpati serahkan ke anak usaha, ya diserahkan. Nanti buku Merpati bersih, tidak ada hambatan. Dengan begitu maka tiga langkah untuk menghindarkan Merpati dari likuidasi harus dilakukan secara simultan," harapnya. (chi/jpnn)

 


JAKARTA - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tak lama lagi akan memutuskan nasib PT Merpati Nusantara Airlines (MNA). Rencananya minggu


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News