Dalami Navigasi Bahari, 104 Taruna AAL Praktik di KRI Ahmad Yani-351

Dalami Navigasi Bahari, 104 Taruna AAL Praktik di KRI Ahmad Yani-351
Sebanyak 104 Taruna AAL Tingkat l Angkatan ke-69 menjalani Latihan Praktik Navigasi Bahari di atas KRI Ahmad Yani-351 yang tengah sandar di Dermaga Koarmada II, Ujung, Surabaya, Jumat (4/6). Foto: Bagpen AAL

jpnn.com, SURABAYA - Untuk mendalami mata kuliah Navigasi Bahari, sebanyak 104 Taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) Tingkat l Angkatan ke-69 Korps Pelaut, Teknik, Elektronika, dan Suplai yang tengah menjalani Latihan Praktik Navigasi Bahari, mendapatkan kesempatan untuk praktik langsung di atas kapal perang TNI AL.

Praktik tersebut berlangsung di atas KRI Ahmad Yani-351 yang tengah sandar di Dermaga Koarmada II, Ujung, Surabaya, Jumat (4/6).

Hal tersebut dikatakan Kepala Departemen Pelaut (Kadeppel) AAL Letkol Laut (P) Dodi Hermanto mewakili Gubernur AAL Mayjen TNI (Mar) Nur Alamsyah saat meninjau pelaksanaan Lattik hari terakhir dari lima hari latihan yang diagendakan.

Menurut Letkol Dodi, Latihan Praktik Navigasi Bahari ini merupakan bentuk simbolik dimulainya kegiatan lapangan yang secara periodik dilaksanakan sesuai dengan jadwal kalender akademik dan kurikulum pendidikan di AAL.

Latihan Praktik Navigasi Bahari ini, kata Dodi, bertujuan untuk mendidik dan membekali para Taruna dengan mata kuliah Lattiek Navigasi Bahari agar memiliki keterampilan dalam mengenalkan dan mempraktikkan peralatan navigasi dan bahari.

Oleh karena itu, lanjut Kadeppel, setelah mengikuti latihan praktik ini, para Taruna dapat mengaplikasikan ilmu dan keterampilan yang diterima dalam kedinasan pada saat melaksanakan tugas sebagai Perwira Divisi di KRI.

Tahap pelaksanaan Lattik mulai 31 Mei - 4 Juni ini, diawali dengan upacara pembukaan dan briefing Lattik. Kemudian dilanjutkan latihan praktik di beberapa tempat, yaitu di bozem Morokrembangan dan Koarmada II dan diakhiri dengan evaluasi dan ujian Lattik.

Komadan KRI Ahmad Yani-351 Letkol Laut (P) Nopriadi saat memberikan pengarahan mengatakan di Kapal ini, para Taruna dapat mengimplementasikan materi yang telah diperoleh di bangku kuliah.

Sebanyak 104 Taruna AAL Tingkat l Angkatan ke-69 Korps Pelaut, Teknik, Elektronika, dan Suplai menjalani Latihan Praktik Navigasi Bahari atas kapal perang TNI AL.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News