Dampak Krisis Global di Depan Mata, Mbak Rerie Minta Hal Ini Secepatnya Dilakukan

Dampak Krisis Global di Depan Mata, Mbak Rerie Minta Hal Ini Secepatnya Dilakukan
Wakil Ketua MPR RI meminta pemangku kepentingan mempercepat langkah yang disusun pemerintah untuk mengantisipasi krisis global. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Ketua MPR RI Lestari Moerdijat menyatakan, para pemangku kepentingan harus mempercepat langkah-langkah yang direncanakan pemerintah untuk mengantisipasi dampak krisis global.

"Perintah presiden pada musrenbangnas akhir April 2022 harus benar-benar diakselerasi para menteri di lapangan sehingga kita benar-benar mampu menghadapi ancaman krisis global," katanya, Senin (16/5).

Musyawarah perencanaan pembangunan nasional (musrenbangnas) mengusung tema Peningkatan Produktivitas untuk Transformasi Ekonomi yang Inklusif dan Berkelanjutan.

Dalam mewujudkan tema itu, Presiden Jokowi menegaskan agar para pembantunya melaksanakan sejumlah langkah agar mengantisipasi krisis global.

Langkah tersebut, antara lain, bekerja fokus untuk peningkatan penggunaan komponen dalam negeri, mempercepat hilirisasi industri yang dilakukan di dalam negeri, meningkatkan produktivitas dan kemandirian di sektor pangan dan energi.

Menurut Lestari, deretan tugas presiden itu tidak mudah, tetapi harus direalisasikan di tengah kondisi perekonomian global yang tidak menentu saat ini.

Karena itu, perempuan yang akrab disapa Rerie ini meminta para pembantu presiden harus fokus bekerja untuk merealisasikan setiap target.

Sejumlah sasaran pembangunan dalam Rencana Kerja Pemerintah 2023, antara lain, pertumbuhan ekonomi 5,3–5,9 persen, tingkat pengangguran terbuka 5,3–6,0 persen, tingkat kemiskinan 7,5–8,5 persen, rasio gini 0,375–0,378, dan indeks pembangunan manusia 73,31–73,49.

Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat meminta para pemangku kepentingan untuk mempercepat langkah-langkah yang direncanakan untuk mengantisipasi krisis

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News