Dampak Pemilu 2024 Dalam Perekonomian Nasional, Ini Dia

Dampak Pemilu 2024 Dalam Perekonomian Nasional, Ini Dia
Seminar bertema "Siap-Siap Tahun Politik 2024: Dampak Terhadap Ekonomi Indonesia" di Senayan, Jakarta Pusat. Foto: Tim Tumbuh Makna

jpnn.com, JAKARTA - Memasuki tahun politik, berbagai aspek dan fenomena yang kemungkinan berdampak pada hal tersebut pun menjadi perbincangan.

Salah satunya aspek ekonomi. Geliat ekonomi Indonesia diprediksi tumbuh positif menjelang pemilihan umum (Pemilu) 2024.

Direktur Eksekutif Charta Politika Indonesia Yunarto Wijaya mengatakan kondisi ekonomi politik nasional menjelang pemilu terbilang stabil.

Hal tersebut diketahui melalui beberapa survei terkait tingkat kepuasan publik terhadap kinerja Pemerintahan di bawah Presiden Joko Widodo (Jokowi) sangat tinggi.

“Saya kira saat ini stabilitas nasional kita terjaga dengan baik. Selepas pandemi, tren pertumbuhan ekonomi kita terjaga, karena itu publik juga merasa bahwa saat ini kondisinya bagus," kata Yunarto Wijaya dalam seminar bertema "Siap-Siap Tahun Politik 2024: Dampak Terhadap Ekonomi Indonesia", baru-baru ini.

Di sisi lain, Co-Founder Tumbuh Makna Fenny Tjahyadi mengatakan secara historis memang tak terlihat adanya korelasi spesifik antara tahun politik dengan kinerja produk keuangan di pasar modal secara umum.

Namun, dalam kondisi ini, investor justru harus memperhatikan sentimen di level pasar global.

Misalnya, tentang kekhawatiran terjadinya resesi ringan di AS dan negara Eropa pasca-kenaikan agresif bunga acuan untuk memerangi inflasi.

Memasuki tahun politik, ini dampak Pemilu 2024 dalam sektor perekonomian nasional.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News