Dana Bantuan Parpol Kuras APBD

Dana Bantuan Parpol Kuras APBD
Dana Bantuan Parpol Kuras APBD
MANOKWARI - Sebanyak 22 partai politik (parpol) yang memiliki kursi di DPR Papua Barat periode 2009-2014 mendapatkan bantuan dana APBD. Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Linmas Provinsi Papua Barat, Soleman Sikirit mengatakan alokasi bantuan disesuaikan dengan perolehan kursi masing-masing parpol.

 

Seperti dalam tahun anggaran 2010 lalu, Pemprov mengalokasikan Rp 1 miliar lebih. Pemberian bantuan keuangan bagi parpol ini berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 5 Tahun 2009 tentang bantuan keuangan kepada partai politik  dan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 24 Tahun 2009 tentang pedoman tata cara penghitungan, penganggaran dalam APBD, pengajuan, penyaluran, dan laporan pertanggungjawaban penggunaan bantuan keuangan partai politik.

 

‘’Bantuan pemerintah daerah tersebut, sebagai dana pembinaan bagi parpol. Dana bantuan partai politik itu tidak bisa digunakan untuk biaya perjalanan dinas seperti mengikuti rapat-rapat partai. Hanya dibolehkan untuk membiayai sewa gedung, dan keperluan  ATK,’’ ungkap Sikirit.

  

Kabag Kesbangpol dan Linmas menjelaskan, pemberian bantuan keuangan parpol sesuai mekanismen. Alokasi bantuan perkursi sebesar Rp. 20,5 juta. Tahun 2009, Pemerintah Provinsi Papua Barat telah menyalurkan bantuan sebesar Rp.902 juta.

MANOKWARI - Sebanyak 22 partai politik (parpol) yang memiliki kursi di DPR Papua Barat periode 2009-2014 mendapatkan bantuan dana APBD. Kepala Badan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News