Dana Cadangan Indonesia Rp80 T

Dana Cadangan Indonesia Rp80 T
Dana Cadangan Indonesia Rp80 T
JAKARTA- Meski Indonesia turut terkena imbas dari krisis keuangan global, tapi ternyata pemerintah masih punya cadangan dana untuk menyelamatkan perekonomian negara. Paling tidak, masih ada dana sekitar Rp80 triliun yang saat ini disimpan pemerintah di Bank Indonesia (BI), yang diharapkan bisa untuk recovery ekonomi.

Hal itu diungkapkan Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani saat menjadi pembicara pada Rapat Kerja (Raker) Gubernur se-Indonesia yang berlangsung di Hotel Borobudur, Jakarta, Jum'at (12/12). “Kita masih punya dana sebanyak Rp80 triliun yang saat ini sengaja kita simpan di BI sebelum kita turunkan ke daerah-daerah dalam bentuk Dipa,” ulas Menkeu Sri.

Menkeu Sri lalu mewanti-wanti agar setelah nantinya uang tersebut diturunkan ke daerah-daerah dalam bentuk Dipa, para kepala daerah harus membuat program yang tepat dan bisa mengatasi berbagai persoalan akibat krisis. “Jangan sampai dana itu jadi idle (tidak digunakan seperti disimpan di SBI). Kalau idle, ya nggak ada gunanya. Makanya juga perlu ada leadership agar dana yang ada dengan program yang tepat bisa bermanfaat bagi masyarakat,” tegasnya mengingatkan.

Menkeu mengaku tidak lagi ingin mendengar banyaknya daerah-daerah yang menyimpan uangnya di Sertifikat Bank Indonesia (SBI), sehingga tidak bermanfaat dan tidak bisa menggerakkan perekonomian masyarakat. “Kita saat ini dilanda krisis dan harus saat ini kita bertindak. Kalau bertindaknya baru nanti pada tahun 2010, ya nggak ada gunanya lagi. Krisis sudah menjadi-jadi,” sebutnya.

Menkeu menyebut bahwa krisis keuangan global ini memang hantamannya cukup terasa di Indonesia. Selain membuat beberapa bank terpaksa menghentikan kreditnya kepada masyarakat, banyak komoditas yang selama ini menjadi andalan bagi Indonesia harganya turun drastis. “Misalnya CPO, minyak, karet dan lainnya. Dulu saat harga komoditas itu melambung, ada beberapa daerah yang justru mendapat berkah. Tapi sekarang dengan turunnya harga, ya jadi susah lagi,” sebutnya.

JAKARTA- Meski Indonesia turut terkena imbas dari krisis keuangan global, tapi ternyata pemerintah masih punya cadangan dana untuk menyelamatkan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News