Dana Desa Bergulir, Klaim Pembangunan Meningkat

Dana Desa Bergulir, Klaim Pembangunan Meningkat
Masyarakat Desa. Foto: dok.JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Keterlibatan masyarakat dalam mengawasi dana desa telah dilindungi undang-undang. Karena itu masyarakat diharapkan lebih aktif lagi dalam mengawasi penggunaan dana desa 2016. Sehingga peningkatan kualitas penggunaan dana desa dapat lebih dirasakan masyarakat.

“Dana desa punya tanggung jawab sejarah agar desa bisa terlayani semua.‎ Masyarakat memiliki hak untuk melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan pembangunan di desa, dan juga penyelenggaraan pemerintahan desa," ujar Direktur Jenderal ‎Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dirjen PPMD) Kementerian Desa, Pembangunan Daerah T‎ertinggal dan Transmigrasi (DPDTT) Ahmad Erani Yustika, Senin (7/3).

Menurut Erani, hak masyarakat ‎ dijamin dalam Pasal 68 ayat (1) UU No 6 tahun 2014 tentang Desa.

Tujuannya hanya satu, agar penggunaan dana desa 2015 yang sudah sangat membantu pembangunan desa-desa, kualitas manfaatnya tahun ini dapat lebih baik lagi.

Pandangan Erani senada dengan yang sebelumnya dikemukakan Menteri DPDTT Marwan Jafar. Menurutnya, ‎sejak dana desa bergulir, gini ratio di desa menurun dari 0,33 persen menjadi 0,27 persen.

“Ini memang tidak begitu kelihatan seperti mercusuar. Tapi ini langsung dirasakan masyarakat desa,” ujar Marwan.(gir/jpnn)


JAKARTA - Keterlibatan masyarakat dalam mengawasi dana desa telah dilindungi undang-undang. Karena itu masyarakat diharapkan lebih aktif lagi dalam


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News