Dana Otsus Capai Rp 28,8 Triliun, Rakyat Papua Masih Melarat

Dana Otsus Capai Rp 28,8 Triliun, Rakyat Papua Masih Melarat
Dana Otsus Capai Rp 28,8 Triliun, Rakyat Papua Masih Melarat
TIMIKA – Anggota DPRD Mimika, Provinsi Papua, Elminus Mom mempertanyakan triliunan rupiah dana Otonomi Khusus (Otsus) yang sudah digelontorkan Pemerintah Pusat ke seluruh Papua. Menurutnya, dana yang dibelanjakan untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat asli Papua belum terlihat. Khusus dana Otsus Mimika tahun 2012 sudah mencapai Rp 58 miliar namun, realisasi dana itu tidak memberikan manfaat yang nyata.

Elminus Mom mengungkapkan total dana Otsus yang diserahkan Pusat ke Provinsi Papua sejak 2002 sampai 2010,  sudah mencapai Rp 28,8 triliun. “Kalau kita lihat, total dana yang sudah sampai di Papua, yang sudah direalisir dari tahun 2002 sampai 2010 itu Rp 28,8 triliun. Tetapi ke mana uang itu. Mungkin sebaiknya berikan saja uang itu bagi masyarakat, karena kalau tidak diatur dengan baik, nanti yang untuk hanya kalangan tertentu dan masyarakat yang terus miskin,” kata Elminus.

Hal yang sama juga disampaikan oleh Wakil  Ketua II DPRD Kabupaten Mimik, Karel Gwijangge. Ia sangat menyayangkan karena sampai saat ini masyarakat asli Papua di Kabupaten Mimika ini masih begitu-begitu saja.

“Sampai kapanpun jika Otsus ini tidak dikawal, maka dana yang sedemikian besar yang digelontorkan tidak akan pernah memberikan kesejahteraan bagi masyarakat, seperti yang diharapkan,” kata Karel.

TIMIKA – Anggota DPRD Mimika, Provinsi Papua, Elminus Mom mempertanyakan triliunan rupiah dana Otonomi Khusus (Otsus) yang sudah digelontorkan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News