Dana Pendidikan di APBD Hanya 6,3 Persen

Dana Pendidikan di APBD Hanya 6,3 Persen
Dana Pendidikan di APBD Hanya 6,3 Persen
JAKARTA—Kepala Unit Penelitian dan Informasi Kemitraan Abdul Malik Gismar  menerangkan bahwa rata-rata provinsi di Indonesia hanya mengalokasikan sebesar 6,3 persen anggaran APBD untuk pendidikan. Padahal, mestinya anggaran untuk sektor pendidikan mencapai 20 persen.

“Secara eksplisit memang sudah ditulis bahwa negara harus mengalokasikan anggaran minimal 20 persen. Namun kenyataannya belum ada provinsi yang memenuhinya,” ungkapnya di Jakarta, Kamis (28/1).

Dikatakan, berdasarkan data Partnership Governance Index (PGI), Provinsi Kepulauan Riau yang memiliki persentase anggaran pendidikan terbesar, ternyata hanya mencapai 17,6 persen.

“Untuk provinsi lainnya yakni sekitar 20 provinsi, justru memiliki anggaran yang lebih rendah dari itu. Sebut saja di antaranya Jawa barat, Maluku Utara dan Bengkulu hanya mengalokasikan anggaran untuk pendidikan kurang dari 2 persen dalam APBD-nya,” terangnya.

JAKARTA—Kepala Unit Penelitian dan Informasi Kemitraan Abdul Malik Gismar  menerangkan bahwa rata-rata provinsi di Indonesia hanya mengalokasikan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News