Danseskoal Meluncurkan Website Jurnal Maritim Indonesia

Danseskoal Meluncurkan Website Jurnal Maritim Indonesia
Komandan Seskoal Laksamana Muda TNI Dr. Ammarulla Octavian meluncurkan Website Jurnal Maritim Indonesia (JMI) di Gedung Jos Soedarso Seskoal, Bumi Cipulir, Jakarta Selatan. Foto: Seskoal

jpnn.com, JAKARTA - Komandan Sekolah Staf dan Komando TNI Angkatan Laut (Danseskoal) Laksamana Muda TNI Dr. Ammarulla Octavian meluncurkan Website Jurnal Maritim Indonesia (JMI) di Gedung Jos Soedarso Seskoal, Bumi Cipulir, Jakarta Selatan, Kamis (20/9).

Pelaksanaan acara peluncuran Website Jurnal Maritim Indonesia tersebut dilaksanakan sebelum dimulai kegiatan Seminar Nasional Seskoal Tahun 2018.

Presentasi Pengantar Launching Website Jurnal Maritim Indonesia oleh Wakil Kepala Pusat Pengkajian Maritim (Wakapusjianmar) Seskoal sekaligus Ketua Pelaksana Kegiatan Seminar Nasional Seskoal Tahun 2018 Kolonel Laut (P) Hariyo Poernomo.

Selanjutnya dengan ditampilkannya halaman utama website oleh Danseskoal melalui perangkat smartphone yang terkoneksi dengan layar LED, maka dengan ini diresmikannya dan sebagai tanda dimulainya penggunaan Website Jurnal Maritim Indonesia.

Danseskoal dalam presentasi tersebut mengatakan Pusat Pengkajian Maritim (Pusjianmar) Seskoal merupakan Satuan Kerja (Satker) Seskoal yang memiliki misi di antaranya mewujudkan Pusjianmar Seskoal sebagai Pusat rujukan bagi pengembangan kebijakan strategis (policy) di bidang pertahanan dan keamanan maritim. Juga mewujudkan Pusjianmar Seskoal sebagai focal point pengkajian akademik TNI/TNI AL dalam rangka mendukung kepentingan nasional Indonesia di laut khususnya dibidang pertahanan dan keamanan maritim.

Lebih lanjut, Danseskoal menjelaskan pengembangan Jurnal Maritim Indonesia antara lain e-Jurnal Maritim Indonesia menjadi wadah mempublikasikan karya ilmiah/hasil riset yang menghasilkan kekeyaan Intelektual, invensi dan inovasi yang terindeks dan menjadi bahan sitasi bagi peneliti lain; Penerbitan journal melalui penelaahan oleh para Peer Reviewer baik academic, writing, material dan metodologi; serta e-JMI dapat menjadi wadah bagi personel TNI AL maupun diluar TNI AL yang mengambil program Doktoral atau memenuhi CUM untuk mendapatkan gelar Profesor.

Dalam penerbitan Journal tersebut sudah melalui penelahaan oleh para Peer Reviewer yaitu Prof. Hikmahanto Juwana, Prof. Dr. Multamia Retno Mayekti Tawangsih Lauder, dan Prof. Dr. Susanto Zuhdi, Dimana artikel yang telah dipublish sudah melalui Peer Reviewer yang telah ditunjuk dan juga melalui Tim Editor.

Turut mendampingi Danseskoal dalam acara tersebut Aspam Kasal Laksda TNI S. Irawan, Pangkoarmada III Laksda TNI I N. G. Ariawan, Dekan Fakultas Manajemen Pertahanan Unhan Laksda TNI Sulistiyanto, Wakil Ketua PPAL Pusat Laksdya TNI (Purn) Gunadi, Laksda (Purn) Dr. Surya Wiranto, Wadan Seskoal Laksma TNI TSNB. Hutabarat, Kasubdit Peneggakan Hukum Direktorat Kesatuan Panjagaan Laut Dan Pantai (KPLP) Fourmansyah, Sekretaris Umum Dewan Pengurus Pusat (DPP) INSA Budhi Halim serta disaksikan para peserta Seminar Nasional Seskoal Tahun 2018.(jpnn)


Danseskoal menjelaskan pengembangan Jurnal Maritim Indonesia antara lain e-Jurnal Maritim Indonesia menjadi wadah mempublikasikan karya ilmiah atau hasil riset.


Redaktur & Reporter : Friederich

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News