Darurat Bencana Alam, Rerie Minta Pemerintah Lakukan Hal Ini, Cepat

Darurat Bencana Alam, Rerie Minta Pemerintah Lakukan Hal Ini, Cepat
Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat meminta pemerintah secepatnya meningkatkan pemulihan dampak bencana alam. Foto: Humas MPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Bencana alam sering terjadi di Indonesia. Karena itu, manajemen pemulihan dampak bencana harus terus ditingkatkan agar masyarakat yang terdampak bisa cepat pulih.

Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat menuturkan, gempa bumi, tanah longsor, banjir, dan erupsi gunung berapi yang mengakibatkan para korban kehilangan tempat tinggal harus diperhatikan.

Dari data laman resmi BNPB sejak 1 Januari 2022 hingga 24 Februari 2022, akibat banjir, cuaca ekstrem, gelombang pasang dan abrasi, serta gempa bumi, tercatat 25 orang meninggal, 1 hilang, 1.071.000 juta menderita dan mengungsi, serta 106 luka-luka.

Properti yang dinyatakan terdampak dan rusak karena sejumlah bencana itu mencapai 14.262 rumah.

Lestari menjelaskan, baru dua bulan berjalan, ujar Lestari, lebih dari 1 juta jiwa harus mengungsi akibat bencana alam dan lebih dari 14 ribu rumah rusak.

Kondisi tersebut, ujar Rerie, sapaan akrab Lestari, harus mendapat perhatian serius dari para pemangku kepentingan di pusat dan daerah.

Rerie menuturkan, dengan kondisi di kawasan Nusantara yang rawan bencana alam ini, potensi bertambahnya korban jiwa dan kehilangan tempat tinggal akan sangat besar.

Para pemangku kepentingan, ujar Anggota Majelis Tinggi Partai NasDem itu, harus segera memulihkan dampak bencana.

Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat menuturkan, gempa bumi, tanah longsor, banjir, dan erupsi gunung berapi yang mengakibatkan para korban kehilangan tempat tinggal harus mendapat perhatian serius dari para pemangku kepentingan di pusat dan daerah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News