Datangi Acara Muslimat NU, Mahfud Bicara Peran Perempuan

Datangi Acara Muslimat NU, Mahfud Bicara Peran Perempuan
Datangi Acara Muslimat NU, Mahfud Bicara Peran Perempuan

jpnn.com - TASIKMALAYA - Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), Moh Mahfud MD menilai peran perempuan sangat dibutuhkan dalam pengambilan kebijakan di pemerintahan. Bahkan, peran tersebut sudah terjadi sejak masa Nabi Muhammad SAW.

"Sejak masa Rasul, perempuan sangat berperan penting dalam ikut serta memperjuangkan hak-hak rakyat. Meskipun kala itu, perempuan belum masuk struktural pemerintahan," ujar Mahfud dalam peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW yang digelar Pimpinan Cabang (PC) Muslimat NU Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, Sabtu (4/1).

Mahfud menegaskan, peran kaum perempuan saat itu terlihat dari cara memberikan motivasi kepada para suami yang tengah menghadapi peperangan. "Tak terkecuali Siti Aisyah yang merupakan istri Rasul, tak pernah lelah memberikan kekuatan kepada Baginda (Nabi Muhammad, red) selama memimpin umat Islam," ujarnya.

Mahfud menyadari, di satu sisi sebagian orang menilai perempuan tidak cocok berpolitik atau menduduki jabatan di lembaga negara karena lebih menggunakan perasaan. Namun jika melihat perkembangan politik saat ini, lanjut Mahfud, Indonesia justru membutuhkan pemimpin yang memiliki perasaan.

"Semakin maraknya kasus hukum merupakan contoh konkret bahwa tak sedikit dari kebijakan pemimpin kita yang hanya mengedepankan pikiran tanpa melihat perasaan rakyat," kata mantan Menteri Pertahanan di era Presiden Gus Dur itu.(gir/jpnn)


TASIKMALAYA - Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), Moh Mahfud MD menilai peran perempuan sangat dibutuhkan dalam pengambilan kebijakan di pemerintahan.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News