Datangi Mako Brimob, Jenderal Tito Lontarkan Pujian

Datangi Mako Brimob, Jenderal Tito Lontarkan Pujian
Kapolri Jenderal Tito Karnavian. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com - JAKARTA - Kapolri Jenderal Tito Karnavian memimpin apel gelar pasukan pengamanan pilkada serentak 2017 di Markas Komando Korps Brimob, Kelapa Dua, Depok, Senin (1/11).

Tito dalam amanatnya mengatakan bahwa sejak empat bulan menjadi Kapolri, dirinya baru pertama kali hadir di Mako Korps Brimob dan memimpin gelar pasukan.

"Menurut saya institusi ini penting secara emosional dan pribadi. Brimob pasukan pemukul dari militer Polri. Dibentuk jadi kepolisian yang sifatnya sipil. Namun kita pertahankan postur militer melekat pada Korps Brimob karena negara masih butuh kemampuan pemukul militer," kata Tito saat apel pasukan di Mako Korps Brimob Polri.

Mantan Kapolda Metro Jaya itu menambahkan, personel Brimob didesain untuk menanggulangi ancaman dalam negeri. Misalnya, terorisme, penjinakan bom, kejahatan tingkat tinggi, hingga bantuan terhadap korban bencana alam.

"Kita harap Brimob jadi tulang punggung utama untuk atasi persoalan keamanan di lingkungan Polri dan menangani masalah dihadapi Indonesia," jelas dia.

Secara pribadi, Tito mengaku  sering bersentuhan dengan Brimob baik dalam pendidikan maupun di lapangan. "Dua kali saya dan teman lain naik gunung, makan di ompreng, lari lintas gunung, sama-sama minum di sumber air, sama-sama kami makan buah-buahan jambu monyet, dan lain-lain," tambah dia.

Tito juga memberikan atensi untuk membenahi sumber daya manusia, senjata, dan struktur di Korps Brimob. Bahkan kepala Korps Brimob yang saat ini dipegang perwira Polri berpangkat inspektur jenderal, akan dinaikkan menjadi komisaris jenderal.

Selain itu, Tito juga sedang mengembangkan Brimob di kepolisian daerah (polda) baru seperti Papua Barat, Sulawesi Barat dan provinsi lainnya. "Saya juga minta Kakor Brimob, anggota Brimob yang berprestasi diberi atensi," kata dia.

JAKARTA - Kapolri Jenderal Tito Karnavian memimpin apel gelar pasukan pengamanan pilkada serentak 2017 di Markas Komando Korps Brimob, Kelapa Dua,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News