Selasa, 19 Maret 2019 – 02:50 WIB

Debat Capres, Kandidat Harus Mampu Kelola Manajemen Kesan

Sabtu, 12 Januari 2019 – 18:31 WIB
Debat Capres, Kandidat Harus Mampu Kelola Manajemen Kesan - JPNN.COM

Prabowo Subianto dan Joko Widodo dalam debat calon presiden 2014. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan menggelar debat perdana antara Joko Widodo - KH Ma’ruf Amin dengan Prabowo Subianto - Sandiaga S Uno pada Kamis depan (17/1). Tema debatnya adalah hukum, hak asasi manusia (HAM)

Akademisi Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta Gun Gun Heryanto mengatakan, debat dalam perspektif komunikasi politik bisa dilihat dua sisi, yakni dari sudut pandang kandidat dan publik. Menurutnya, penampilan pasangan calon (paslon) saat berdebat akan berhubungan dengan persepsi publik.   

Gun Gun mengatakan, ada tiga komponen dasar yang harus ditunjukkan pada kandidat dalam debat nanti yakni ethos, pathos, dan logos. Dia menjelaskan ethos menyangkut kredibilitas, apakah pernyataan kandidat bisa dipercaya atau tidak.

“Paslon akan rugi bila tidak meyakinkan, dan secara kredibilitas tak mampu menumbuhkan kepercayaan khalayak,” ujarnya dalam diskusi Jelang Debat Siapa Hebat di Jakarta, Sabtu (12/1).

Komponen selanjutnya adalah pathos yang terkait dengan emosi. Menurut Gun Gun, dalam debat nanti aspek emosi akan coba ditampilkan lebih banyak oleh paslon.

Namun,  kata Gun Gun, yang menjadi pertanyaan apakah aspek emosi khalayak bisa dipersuasi oleh paslon atau tidak. Dari dua aspek itu, kata Gun Gun, yang terpenting adalah logos atau argumentasi.

Bagi Gun Gun, argumentasi yang disampaikan para paslon akan memiliki pengaruh langsung dan lanjutan. Pengaruh langsung terjadi saat debat, seperti respons dari paslon lain.

Sedangkan pengaruh lanjutan adalah persepsi khalayak. Dia mencontohkan,  saat debat berlangsung maka juga terjadi perdebatan di ruang maya. Nah, hal ini  akan mendinamisasi bahwa debat itu bukan hanya selesai pada saat malam itu saja, melainkan juga di hari selanjutnya.

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar