Senin, 27 Mei 2019 – 10:27 WIB

Debat Keempat 30 Maret, Jumlah Tim Hore Dipangkas

Kamis, 21 Maret 2019 – 00:14 WIB
Debat Keempat 30 Maret, Jumlah Tim Hore Dipangkas - JPNN.COM

jpnn.com, JAKARTA - Mekanisme debat cawapres pada Minggu (17/3) malam yang dinilai kondusif, akan menjadi acuan dalam pelaksanaan debat keempat 30 Maret mendatang. Namun, tetap ada beberapa perubahan untuk lebih menjamin kondusivitas pelaksanaan.

Komisioner KPU Pramono Ubaid menjelaskan, mekanisme yang digunakan dalam debat ketiga sangat membantu cawapres untuk menyampaikan program. Kedua moderator tidak banyak memotong pertanyaan maupun jawaban cawapres.

’’Waktu jeda juga lebih tertib karena diisi oleh paduan yang ada penyanyinya. Jadi, kedua belah kubu memiliki waktu untuk beryel-yel yang tidak memprovokasi,’’ ucapnya.

BACA JUGA: Bandingkan Elektabilitas Jokowi dan SBY Jelang Pilpres

Menurut Pramono, mekanisme semacam itu tetap akan diberlakukan pada debat keempat dan kelima. Mulai durasi, segmen-segmen, hingga hiburan di tengah jeda iklan. ’’Tidak akan jauh berbeda dari debat ketiga,’’ katanya.

Nama moderator sebenarnya pernah diusulkan pada debat pertama. Mereka adalah Ryan Wiedaryanto dan Kania Sutisnawati. Keduanya merupakan pembawa acara yang berasal dari televisi penyelenggara. Namun, dua nama tersebut belum pasti.

Kedua kubu diberi waktu untuk berunding hingga Jumat (22/3). ’’Baik TKN 01 maupun BPN 02 meminta waktu sampai di rapat selanjutnya Jumat besok,’’ tutur komisioner KPU kelahiran Semarang itu.

Beberapa perbaikan juga akan dilakukan dalam mekanisme debat keempat. Di antaranya, pelantunan lagu Indonesia Raya dikembalikan ke tempo mars. Pada debat ketiga, tempo lagu dinilai terlalu lambat.

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar