Debat Keempat Pilpres 2024, Sonny Keraf: Prof Mahfud Sangat Siap Berdebat, Jangan Khawatir

Debat Keempat Pilpres 2024, Sonny Keraf: Prof Mahfud Sangat Siap Berdebat, Jangan Khawatir
Capres-cawapres bernomor urut 3 di Pilpres 2024 Ganjar Pranowo - Mahfud. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Calon Wakil Presiden RI nomor urut 3 Mahfud MD sangat siap menghadapi debat keempat Pilpres 2024 di Jakarta Convention Center (JCC), Minggu (21/1). Mahfud MD yang merupakan pendamping Capres RI nomor urut 3 di Pilpres 2024 Ganjar Pranowo itu diyakini menguasai materi debat.  

Debat keempat Pilpres 2024 akan mengangkat tema "Pembangunan Berkelanjutan, Sumber Daya Alam, Lingkungan Hidup, Energi, Pangan, Agraria, Masyarakat Adat dan Desa.

“Prof Mahfud sangat siap untuk berdebat. Jangan khawatir, beliau sudah malang melintang pada isu lingkungan, isu sumber daya. Jadi, paham betul,” kata Dewan Pakar Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud Alexander Sonny Keraf dalam siaran pers TPN yang diterima di Jakarta, Sabtu (20/1).

Mantan menteri lingkungan hidup itu menyebut Mahfud sangat menguasai materi debat, pasalnya tema yang akan diperdebatkan terkait penegakan hukum.

Dia mencontohkan reforma agraria tidak terlepas dari kepastian hukum bagi petani dalam hal kepemilikan lahan.

Reforma agraria adalah penataan kembali susunan pemilikan, penguasaan, dan penggunaan sumber-sumber agraria untuk kepentingan rakyat, yang tujuannya menolong rakyat kecil, mewujudkan keadilan dan meniadakan atau setidaknya mengurangi ketidakmerataan.

Sonny menyebut Mahfud juga menguasai persoalan yang dihadapi masyarakat adat dan desa saat ini, yaitu Rancangan Undang-Undang (RUU) Masyarakat Adat yang sampai saat ini belum disahkan. Padahal, pemerintah menjanjikan hal itu.

Menurut dia, pengelolaan sumber daya alam sangat tergantung pada kepatuhan terhadap peraturan yang ada. Jika tidak, maka alih fungsi lahan tidak akan memperhatikan pembangunan berkelanjutan.

Sonny Keraf menegaskan bahwa Cawapres Mahfud MD sangat siap berdebat di debat keempat Pilpres 2024.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News