Deddy Corbuzier Terpapar COVID-19 Gejala Berat, Dokter Soroti Begini

Deddy Corbuzier Terpapar COVID-19 Gejala Berat, Dokter Soroti Begini
YouTuber Deddy Corbuzier. Foto: Instagram/mastercorbuzier

jpnn.com, JAKARTA - Dokter Perhimpunan Dokter Spesialis Kardiovaskular Indonesia (PERKI) Vito Anggarino Damay menyoroti kondisi pesohor Deddy Corbuzier yang selalu hidup sehat, ternyata bisa terpapar COVID-19 dengan gejala berat.

Menurutnya, apa yang terjadi Deddy Corbuzier pelajaran penting bagi seluruh rakyat Indonesia untuk tiak meremehkan penyakit yang ditimbulkan virus SARS-CoV-2 itu.

"Saya salut sama Deddy Corbuzier tidak menutupi kena COVID-19 dan memakai ini sebagai edukasi bahwa orang sehat pun masih bisa kena COVID-19 yang berat. Pola hidup sehat memang sangat membantu menyelamatkan seseorang kalaupun terkena penyakit," ujar dokter Vito, Senin (23/8).

Badai sitokin seperti pada kasus Deddy terjadi saat kekebalan tubuh yang awalnya menyerang dan menghabisi virus, masih bereaksi bahkan mungkin berlebihan.

Sehingga walau virus sudah tak ada lagi tetapi tubuh masih menanggung akibatnya.

Vito mengatakan ketika badai sitokin terjadi maka bisa mengakibatkan kegagalan fungsi organ, syok, tekanan darah turun, peradangan jantung, gagal ginjal dan kesadaran turun.

Dia menyebut kondisi ini sebagai sesuatu yang menyeramkan.

Mereka yang bahkan sudah dinyatakan negatif berdasarkan hasil tes swab juga bisa mengalaminya, seperti hal yang dialami Deddy.

Pesohor Deddy Corbuzier yang selalu hidup sehat terpapar COVID-19 gejala berat, dokter spesialis menyoroti begini

Sumber ANTARA

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News