Defisit Bisa Nol Persen

Defisit Bisa Nol Persen
Defisit Bisa Nol Persen
JAKARTA—Revisi postur RAPBN 2009 yang diajukan pemerintah hari ini (Senin, 13/10), tidak banyak perubahan atau pengurangan belanja kementerian/lembaga (K/L). Padahal defisit bisa ditekan menjadi nol persen dengan catatan anggaran K/L direvisi karena selama ini penyerapannya kurang.


"Defisit masih terlalu tinggi, bisa ditekan di bawah 1,3 persen dari PDB sehingga tak terlalu banyak utang," ungkap Ketua Panitia Anggaran DPR RI Emir Moeis di Gedung DPR Jakarta, Senin (13/10).


Menurut Emir, belum ada kesepakatan mengenai besarnya defisit yang akan digunakan untuk RAPBN 2009 karena berbagai fraksi mengusulkan angka yang berbeda. Sebut saja Fraksi PDIP mengusulkan perlu mengarah ke nol persen bahkan terjadi surplus, sedangkan Fraksi PKS mengusulkan sekitar satu persen.


Juru bicara FPKS Rama Pratama mengatakan, penurunan defisit RAPBN 2009 dari semula 1,7 persen menjadi 1,3 persen merupakan sebuah keniscayaan. Mengingat kelesuan yang dihadapi dunia investasi dan masalah politik yang menyertainya sehingga membuat pemerintah kesulitan dalam mengoptimalkan fungsi obligasi negara. (esy)


JAKARTA—Revisi postur RAPBN 2009 yang diajukan pemerintah hari ini (Senin, 13/10), tidak banyak perubahan atau pengurangan belanja kementerian/lembaga


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News