Dekati Anies Baswedan, Surya Paloh Sudah Anggap Jokowi Masa Lalu?

Dekati Anies Baswedan, Surya Paloh Sudah Anggap Jokowi Masa Lalu?
Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh memberi sambutan acara pembekalan caleg NasDem Aceh di Banda Aceh, Kamis (6/12). Ist for JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat politik Pangi Syarwi Chaniago menilai manuver Ketua Umum NasDem Surya Paloh mendukung Anies Baswedan sebagai bentuk perlawanan terhadap Joko Widodo alias Jokowi dan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri. Motif utama perlawanan itu adalah pertentangan NasDem terhadap peluang besar Gerindra masuk koalisi Jokowi - Ma'ruf Amin.

"Kenapa harus ada panggung tandingan yang dibuat Surya Paloh dengan mengumpulkan partai koalisi minus PDIP dan bertemu Anies Baswedan yang terlalu dini bicara pilpres 2019, ini dilantik saja belum kabinet ini, seolah-olah Surya Paloh ingin mengatakan bahwa Anies masa depan, Jokowi masa lalu," kata Pangi dalam keterangan yang diterima, Jumat (26/7).

BACA JUGA: Nasdem Kesal Surya Paloh Disebut Deklarasi Anies sebagai Capres 2024

Pangi melihat Gerindra sudah mendapat restu bergabung koalisi dari Jokowi dan Megawati. Hal itu dilihatnya berdasarkan beberapa pernyataan Jokowi usai bertemu dengan Prabowo, yaitu akan menerima dan mengakomodasi parpol oposisi pendukung Prabowo, membangun bangsa secara bersama, bekerja untuk kepentingan bangsa yang jauh lebih besar.

"Namun lagi-lagi NasDem, Golkar, PKB dan PPP nampaknya tidak setuju, resistensi mereka masih tinggi dengan masuknya Gerindra," kata dia.

Oleh karena itu, kata Pangi, Paloh menggalang kekuatan dari Golkar, PKB dan PPP untuk melawan wacana bergabungnya Gerindra. Menurut Pangi, upaya itu sebagai bentuk panggung politik tandingan.

"Tidak ada tanda-tanda, tanpa petir dan awan hitam, tiba-tiba pertemuan Anies dan Surya Paloh lebih dari sekadar silaturahmi biasa, karena sudah bicara pilpres 2024 yang beliau mengusung dan mendukung Anies menjadi capres 2024 lahir batin, sementara kabinet saja belum dilantik," tandas Pangi. (tan/jpnn)


Pengamat politik Pangi Syarwi Chaniago menilai manuver Ketua Umum NasDem Surya Paloh mendukung Anies Baswedan sebagai bentuk perlawanan terhadap Joko Widodo alias Jokowi


Redaktur & Reporter : Fathan Sinaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News