Delegasi Indonesia Bertemu Anggota Kongres Senior AS

Delegasi Indonesia Bertemu Anggota Kongres Senior AS
Fahri Hamzah (tengah) dan sejumlah anggota DPR dalam kunjungan ke Amerika Serikat. Foto: Humas DPR

jpnn.com, WASHINGTON - Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah memimpin delegasi parlemen Indonesia melakukan pertemuan dengan anggota parlemen dari Partai Demokrat dapil Carolina Utara 4, David Price di kompleks Capitol Hill, Washington DC.

Price sendiri adalah salah seorang politikus senior Amerika anggota House Appropriations Commitee (Komisi Persetujuan Anggaran).

Perbincangan antara delegasi DPR dengan anggota kongres sejak 1987 itu, berlangsung mendalam dan luas karena terkait penguatan fungsi parlemen dalam hal budgeting dan pengawasan.

Usai pertemuan, Fahri menuturkan bahwa dalam hal anggaran dan pengawasan, di Amerika Serikat sudah jelas kalau kongres itu adalah daulat rakyat, sehingga dia (parlemen) betul-betul kuat.

"Jika melihat trasdisi di AS ini, kuat sekali karena rakyatnya betul-betul mengandalkan parlemennya untuk mengawasi pemerintahan dan keributan di parlemen adalah indikasi mereka bekerja. Beda dengan di Indonesia, kalau DPR ribut, publik sering bilang jangan diganggu pemerintah. Itu yang salah," paparnya.

Image ini yang menurut Fahri Hamzah harus dibalikan di masa yang akan akan datang.

"Kalau di sini (AS), uang itu punya rakyat karena itu yang pegang DPR-nya, dan bilamana pemerintah memerlukan anggaran, maka mereka datang ke parlemennya minta. Minta sekian, dikasih sekian, dan parlemennya berhak mempertanyakan kegunaan anggaran yang diminta pemerintah nya itu," jelas politikus dari PKS itu lagi.

Kalau parlemen merasa pemerintah tidak bisa mempertanggungjawabkan anggaran yang diterimanya, tambah Fahri, maka tidak akan dikasih sehingga tutup pemerintahnya atau government shutdown.

Parlemen Indonesia dan AS sangat berbeda dalam sistem kerja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News