Demi DBHCHT Tepat Guna, Bea Cukai Menggencarkan Sosialisasi dan Koordiansi

Demi DBHCHT Tepat Guna, Bea Cukai Menggencarkan Sosialisasi dan Koordiansi
Bea Cukai melakukan koordinasi dengan pemda agar pemanfaatan DBHCHT tepat sasaran dan mampu menekan peredaran barang kena cukai ilegal. Foto/ilustrasi: Bea Cukai.

jpnn.com, JAKARTA - Bea Cukai mengadakan koordinasi bersama pemerintah daerah, dan melakukan berbagai lagkah sosialisasi dalam rangka mengoptimalkan dana bagi hasil cukai hasil tembakau (DBHCHT) agar pemanfaatannya dapat tepat sasaran dan mampu menekan peredaran barang kena cukai (BKC) ilegal.

Beberapa kantor yang menggelar rapat koordinasi bersama pemda dan sosialisasi terkait DBHCHT di masing-masing wilayah adalah Bea Cukai Blitar dan Bea Cukai Madura.

Bea Cukai Blitar pada periode Juli 2021 ini telah melakukan rangkaian rapat koordinasi dengan pemda setempat dan sosialisasi kepada masyarakat terkait ketentuan dan pemanfaatan DBHCHT.

Kepala Kantor Bea Cukai Blitar Akhiyat Mujayin mengatakan berharap rangkaian kegiatan ini mampu mengedukasi seluruh pihak termasuk masyarakat terkait DBHCHT.

“Tujuannya, kami dapat sharing terkait pemanfaatan DBHCHT agar tepat sasaran, tentu demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat namun tetap memperhatikan aturan yang ada,” imbuhnya.

Kegiatan pertama, Bea Cukai Blitar bersama Sekretariat Daerah Kota Blitar menggelar sosialisasi terkait cukai dan DBHCHT di Kecamatan Sananwetan.

Akhiyat dalam pemaparannya menegaskan tentang bahaya menjual, membeli, dan mengonsumsi rokok ilegal.

”Kami mengimbau para pedagang eceran untuk berhati-hati terhadap oknum yang menawarkan rokok illegal. Tolak dan laporkan kepada kami, karena (memperdagangkan rokok ilegal) terdapat risiko pidana,” jelas Akhiyat.

Bea Cukai melakukan koordinasi dengan pemda agar pemanfaatan DBHCHT tepat sasaran dan mampu menekan peredaran barang kena cukai ilegal.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News