Demi Pantai Laskar Pelangi, Lokasi Tambang Timah Dibatasi

Demi Pantai Laskar Pelangi, Lokasi Tambang Timah Dibatasi
Demi Pantai Laskar Pelangi, Lokasi Tambang Timah Dibatasi
BELITUNG - Upaya memperkecil dampak eksplorasi Timah di Kabupaten Belitong, Bangka Belitung terus dilakukan. Salah satunya dengan pembatasan zona penambangan timah yang digalakkan pemkab setempat. Demi menjaga lingkungan kabupaten yang berada di Provinsi Bangka Belitung itu, beragam ancaman hukuman telah disiapkan bagi pelanggar.

Hal itu disampaikan Bupati Belitung, Darmansyah Husein, usai pembukaan kegiatan "Kemah Wartawan dan Pramuka 2010" di pantai Tanjung KeLalang, Jumat (5/11). "Kami akan ketat dan tegas dalam pemberian izin penambangan timah," ujarnya.

Darmansyah mengakui, pihaknya kesulitan membatasi kegiatan eksploitasi dan penambangan timah. Sebab, penambangan timah merupakan komoditas yang menjadi sandaran hidup sebagian warganya. Terlebih lagi saat harga timah tinggi seperti sekarang ini. "Yang dapat kami lakukan adalah mengurangi dampak kerusakannya dengan melakukan mitigasi bencana yang mungkin timbul," tambahnya.

Upaya mitigasi yang dimaksud Darmansyah di antaranya melalui pembatasan zona penambangan. Dengan demikian, hanya daerah-daerah tertentu saja yang dapat ditambang tmahnya.

BELITUNG - Upaya memperkecil dampak eksplorasi Timah di Kabupaten Belitong, Bangka Belitung terus dilakukan. Salah satunya dengan pembatasan zona

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News