Minggu, 17 Desember 2017 – 05:30 WIB

Demi Perkuat Sistem Pendidikan, APC Luncurkan Giving Guide

Selasa, 05 Desember 2017 – 22:35 WIB
Demi Perkuat Sistem Pendidikan, APC Luncurkan Giving Guide - JPNN.COM

jpnn.com, JAKARTA - Asia Philanthropy Circle (APC) merilis panduan ‘Giving Guide’ bagi pegiat filantropi yang ingin berkontribusi untuk memajukan sistem pendidikan di Indonesia.

Ketua APC cabang Indonesia Victor R Hartono mengatakan, panduan tersebut diharapkan bisa membantu untuk memahami apa yang sedang dilakukan oleh pegiat filantropi lainnya.

“Dengan panduan ini akan memudahkan filantropi dan perusahaan yang ingin fokus berkontribusi bersama-sama dalam memperbaiki sistem pendidikan di tanah air,” kata Victor R Hartono saat peluncuran laporan ‘Giving Guide’ di Jakarta, Selasa (5/12).

Menurut pria yang juga Presiden Direktur Djarum Foundation itu, pendidikan memegang peranan penting bagi anak-anak untuk bisa menjadikan Indonesia menjadi negara lebih maju, sehingga perlu ada perhatian khusus dari semua pihak, khususnya filantropi, untuk bersama-sama memberikan sebagian dananya memperbaiki dan mengembangkan pendidikan.

"Perbaikan sistem pendidikan akan membantu mendorong pertumbuhan produktivitas tenaga kerja dan meningkatkan jumlah tenaga kerja siap pakai," tuturnya.

Presiden Direktur McKinsey Indonesia Phillia Wibowo menambahkan, saat ini Indonesia setidaknya memiliki lebih dari 50 juta siswa, 2,6 juta pengajar, serta 250 ribu sekolah tersebar di seluruh Nusantara.

Philia mengungkap, pihaknya telah mengidentifikasi sejumlah inisiatif dan rekomendasiyang berdasarkan penelitian dapat menjadi perhatian bagi pegiat filantropi di sektor pendidikan.

“Ada empat bidang yang direkomendasikan bagi pegiat filantropi agar memberikan dampak besar pendidikan di Indonesia yakni harus mampu meningkatkan kualitas guru, kepemimpinan guru dan tata kelola sekolah serta pendidikan kejuruan. Terakhir adalah pendidikan anak usia dini,” jelasnya.

SHARES
loading...
loading...
Komentar