Demi Social Distancing, Pemerintah Brasil Bakal Bagi-Bagi Duit ke Rakyat

Demi Social Distancing, Pemerintah Brasil Bakal Bagi-Bagi Duit ke Rakyat
Presiden Brasil Jair Bolsonaro. Foto: Reuters

jpnn.com, BRASILIA - Dewan Perwakilan Rakyat Brasil menyetujui sebuah rancangan undang-undang (RUU) untuk memberikan penghasilan minimum kepada warga yang mengalami kesulitan ekonomi karena pandemi virus corona.

Warga negara yang menganggur, bekerja di sektor informal atau wiraswasta, dan berpenghasilan rendah berhak atas uang bantuan tersebut. Namun, mereka dilarang menerima tunjangan pensiun atau tunjangan pengangguran pada saat bersamaan.

Di bawah RUU itu, warga yang memenuhi syarat dapat menerima 600 real (Rp 1,9 juta) setiap bulan. Maksimal dua orang dapat menerima uang tunai dalam satu rumah tangga, dan ibu tunggal akan menerima dalam jumlah ganda sebesar 1.200 real (Rp 3,8 juta).

Pemberian bantuan itu akan dilakukan selama tiga bulan, sementara masyarakat diharapkan tetap tinggal di rumah dan menjaga jarak sosial (social distancing) untuk mengatasi virus corona di negara tersebut. Periode bantuan itu dapat diperpanjang jika diperlukan.

Presiden Jair Bolsonaro mengatakan dalam siaran langsung bahwa dirinya tidak akan memveto RUU tersebut. Namun, RUU itu masih perlu mendapat persetujuan dari Senat. (ant/dil/jpnn)

DPR Brasil menyetujui sebuah rancangan undang-undang (RUU) untuk memberikan penghasilan minimum kepada warga yang mengalami kesulitan ekonomi karena pandemi virus corona


Redaktur & Reporter : Adil

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News