Demo Anti-Pemerintah Makin Parah, Iran Tuduh 2 Negara Ini Mengompori

Demo Anti-Pemerintah Makin Parah, Iran Tuduh 2 Negara Ini Mengompori
Demonstrasi besar-besaran yang dipicu kematian seorang perempuan Kurdi di sel tahanan polisi hijab telah mengguncang Iran selama lebih dari sepekan terakhir. Foto: AFP

jpnn.com, TEHRAN - Iran memanggil duta besar Inggris dan Norwegia atas apa yang dikatakannya sebagai campur tangan dan liputan media yang bermusuhan tentang kerusuhan nasional yang dipicu oleh kematian seorang wanita yang ditahan oleh polisi moral, kantor berita ISNA mengatakan pada hari Minggu.

Demonstrasi yang pecah lebih dari seminggu yang lalu di pemakaman wanita Kurdi berusia 22 tahun, Mahsa Amini, telah menyebar ke seluruh negeri dan berubah menjadi gelombang protes terbesar dalam beberapa tahun.

Televisi pemerintah Iran mengatakan 41 orang telah tewas. Pihak berwenang telah membatasi layanan internet dan seluler untuk mencegah rekaman protes dan tanggapan oleh pasukan keamanan keluar, kata para aktivis.

Presiden Ebrahim Raisi mengatakan Iran menjamin kebebasan berekspresi dan bahwa dia telah memerintahkan penyelidikan atas kematian dalam penahanan Amini, yang ditangkap oleh polisi yang memberlakukan pembatasan Republik Islam pada pakaian wanita.

Dia juga mengatakan bahwa "tindakan kekacauan" tidak dapat diterima dan bahwa Iran harus menangani kerusuhan dengan tegas. Di Perserikatan Bangsa-Bangsa, dia mengatakan liputan luas kasus Amini adalah "standar ganda", menunjuk pada kematian dalam tahanan polisi AS.

Kementerian Luar Negeri Iran memanggil duta besar Inggris pada hari Sabtu sebagai tanggapan atas sikap bermusuhan dari media berbahasa Persia yang berbasis di London, kantor berita ISNA.

Utusan Norwegia juga dipanggil untuk menjelaskan "sikap intervensionis" dari ketua parlemen negara itu, yang telah menyatakan dukungannya kepada para pengunjuk rasa di Twitter.

Kematian Amini telah menyalakan kembali kemarahan di Iran atas masalah-masalah termasuk pembatasan kebebasan pribadi, aturan berpakaian yang ketat untuk wanita, dan ekonomi yang terguncang akibat sanksi.

Protes tersebut adalah yang terbesar yang melanda Republik Islam Iran sejak demonstrasi mengenai harga bahan bakar pada 2019

Sumber Reuters

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News