Perempuan Tewas di Sel Polisi Hijab, Jalanan Iran Kembali Membara

Perempuan Tewas di Sel Polisi Hijab, Jalanan Iran Kembali Membara
Seorang perempuan Iran ditangkap polisi karena hijab yang dipakainya tidak sesuai ketentuan. Foto: Behrouz MEHRI / AFP

jpnn.com, TEHERAN - Kematian seorang wanita muda dalam tahanan polisi susila yang menegakkan aturan hijab memicu protes di jalanan dan media sosial Republik Islam Iran pada Jumat.

Dalam beberapa bulan terakhir, para aktivis hak asasi manusia Iran mengajak para perempuan untuk melepas hijab mereka, tindakan yang berisiko penangkapan karena menolak aturan berbusana di negara itu.

Video-video yang diunggah di media sosial memperlihatkan sejumlah tindakan keras oleh polisi susila terhadap perempuan yang melepas hijab mereka.

Pihak berwenang mulai menyelidiki kematian wanita bernama Mahsa Amini itu, setelah ada perintah dari Presiden Ebrahim Raisi, media pemerintah melaporkan, Jumat.

Polisi mengatakan wanita berusia 22 tahun tersebut jatuh sakit saat menunggu bersama tahanan perempuan lain di sebuah kantor polisi susila.

"Berdasarkan penyelidikan cermat, sejak pemindahannya ke kendaraan dan juga ke lokasi (kantor polisi), tidak ada perlakuan fisik terhadap dirinya," kata polisi dalam pernyataannya.

Polisi menolak tuduhan di media sosial bahwa Amini kemungkinan telah dipukuli.

Rekaman kamera pengawas yang disiarkan TV pemerintah tampak memperlihatkan seorang wanita, yang diidentifikasi sebagai Amini, jatuh setelah bangkit dari kursinya saat berbicara dengan seorang petugas di kantor polisi.

Video-video yang diunggah di media sosial memperlihatkan sejumlah tindakan keras oleh polisi susila terhadap perempuan yang melepas hijab mereka

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News