Demo Suku Sakai di Depan Kantor Gubernur Riau Berakhir Ricuh

Demo Suku Sakai di Depan Kantor Gubernur Riau Berakhir Ricuh
Kapolda Riau Irjen Pol Widodo Eko Prihastopo mendatangi massa aksi yang menuntut pengembalian lahan 1.500 ha di depan gerbang Gedung DPRD Riau Jalan Sudirman Pekanbaru, Senin (11/3). Foto: EVAN GUNANZAR/MHD AKHWAN/RIAU POS

jpnn.com, PEKANBARU - Masyarakat suku Sakai Desa Koto Aman Kecamatan Tapung Hilir, Kampar melakukan aksi unjuk rasa di depan kantor Gubernur Riau, Senin (11/3).

Pedemo yang tergabung dalam himpunan pemuda pelajar dan mahasiswa sakai Riau datang untuk menyampaikan aspirasi. Sayangnya, aksi ini diwarnai perusakan properti milik daerah, Senin (11/3).

Dari pantauan Riau Pos (Jawa Pos Group), sekitar pukul 10.55 WIB massa memaksa masuk kehalaman kantor gubernur sembari menunggu kedatangan Gubri H Syamsuar yang saat itu sedang ada pertemuan. Akibat aksi itu salah satu pintu gerbang di Jalan Jendral Sudirman depan Tugu Zapin mengalami kerusakan.

"Ini siapa yang akan bertanggung jawab," teriak salah seorang polisi.

Dampak dari pengerusakan itu membuat massa sempat bersitegang dengan pihak kepolisian dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) yang berjaga mengamankan kondisi.

"Kami kepanasan, kami tidak boleh masuk, kami hanya mau menunggu di dalam, tidak akan merusak bunga dan lainnya, hanya menunggu bapak Gubri saja," teriak salah satu pendemo.

Satria salah satu Kordinator Lapangan mengatakan aksi ini sebagai bentuk klarifikasi terhadap demo sebelumnya yang mengatasnamakan masyarakat Sakai untuk kepentingan pribadi. Untuk itulah, pihaknya berharap pemerintah dalam hal ini Presiden melalui Kementerian Agraria, Gubri hingga Badan Pertanahan Nasional Riau dapat segera menindaklanjuti kasus ini.

"Masyarakat menderita, tanah diserobot. Kami yakin pemerintahan di tangan Gubri saat ini bisa segera mencabut segera Hak Guna Usaha, jangan biarkan masyarkat telantar," ucapnya.

Masyarakat suku Sakai Desa Koto Aman Kecamatan Tapung Hilir, Kampar melakukan aksi unjuk rasa di depan kantor Gubernur Riau, Senin (11/3).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News