Demokrat Mulai Jaring Calon Ketua DPR

Demokrat Mulai Jaring Calon Ketua DPR
Demokrat Mulai Jaring Calon Ketua DPR
JAKARTA -- Setelah ada penetapan materi RUU susunan kedudukan MPR, DPR, DPD, dan DPRD bahwa partai peraih suara terbanyak mendapat jatah kursi Ketua DPR,  Partai Demokrat segera melakukan seleksi internal guna menentukan kandidat Ketua DPR periode 2009-2014.

"Siapapun nantinya yang lolos dari seleksi internal, selanjutnya diajukan dan dikomunikasikan kepada Dewan Pembina Partai Demokrat, Pak SBY. Jadi tergantung SBY nantinya siapa yang jadi Ketua DPR itu," kata Ketua DPP Partai Demokrat (PD), Muhammad Jafar Hafsah usai diskusi 'Kabinet Baru: Hak Prerogratif versus Tuntutan Partai Koalisi' di gedung DPD, Senayan, Rabu (29/7).

Menjawab pertanyaan soal siapa yang pantas dicalonkan jadi Ketua DPR dari PD, Jafar menyebut nama beberapa calon di antaranya Anas Urbaningrum, Marzuki Alie, Taufiq Effendi, Syarif Hasan dan Hayono Isman. "Saat ini kami masih dalam tahap bersiap-siap saja karena Karena masih menunggu penyelesaian gugatan pilpres. Masih ada waktu beberapa bulan lagi. Saya perkirakan sekitar Oktober 2009," imbuhnya.

Dijelaskan, calon Ketua DPR harus punya jam terbang politik yang tinggi. Selain itu, punya pengalaman kerja yang cukup baik, pendidikan formal yang layak, dan punya kecakapan.  "Dan yang lebih penting lagi, jumlah suara yang diperoleh saat pemilu legislatif lalu sangat dipertimbangkan," ujar Jafar Hafsyah. Dijelaskan, perolehan suara ini penting untuk dijadikan pertimbangan karena akan menggambarkan orang tersebut populer dan disenangi rakyat. Semakin besar perolehan suaranya pada pileg lalu, hal itu menggambarkan orang tersebut punya basis massa yang baik.

JAKARTA -- Setelah ada penetapan materi RUU susunan kedudukan MPR, DPR, DPD, dan DPRD bahwa partai peraih suara terbanyak mendapat jatah kursi Ketua

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News