Dena Rachman Sukses Jalani Implantasi Payudara di Korea

Dena Rachman Sukses Jalani Implantasi Payudara di Korea
MERASA PEREMPUAN: Dena Rachman menjelaskan tentang keberhasilan implantasi payudara di Menteng, Selasa (14/10). (Fedrik Tarigan/Jawa Pos)

jpnn.com - JAKARTA – Dena Rachman, 27, mantan artis cilik bernama Renaldy Rachman yang kini menjadi transgender, mengumumkan penampilan barunya, Selasa (14/10). Dena telah melakukan implantasi payudara di Korea. Dia menjalaninya di Rumah Sakit Grand Plastic Surgery di Seoul awal bulan lalu.

Saat ditemui di sebuah kafe, Menteng, Jakarta Pusat, Dena menegaskan telah mantap mengambil keputusan mengubah kondisi fisiknya menjadi seorang perempuan. Dena yang dikenal sebagai presenter Krucil di SCTVketika masih kecil dulu merasa bahwa dirinya bukan seorang laki-laki.

’’Saya menjalani proses transgender seperti sekarang ini bukan main-main, ikut-ikutan, atau nafsu sejenak. Ini langkah pencarian jati diri hidup sejak lahir dan step-by-step. Hidup itu memang sebuah perjalanan untuk menjadi baik lagi,’’ kata Dena.

Dia menjelaskan, perjalanan untuk berpenampilan perempuan seperti sekarang tidak mudah. Sebelum memutuskan menjalani implantasi, dia melakukan konsultasi dan beberapa tes untuk memantapkan hati. ’’Dimulai menjalani tes hormon dan terbukti secara klinis saya memiliki hormon perempuan yang tinggi. Menemui psikolog di Kuala Lumpur yang mengklaim saya ini perempuan. Dasar demi dasar keputusan harus dilakukan demi Dena yang lebih baik lagi,’’ jelasnya panjang lebar. Sebelum memutuskan implantasi, Dena mengungkapkan kepada publik mengenai perubahan kondisinya saat masih kecil dan setelah dewasa.

Setelah menjalani tes, Dena pun mengambil keputusan. Apalagi implantasi tersebut tidak dipungut biaya alias gratis. Sebab, Dena didapuk pihak rumah sakit untuk menjadi salah seorang model dan duta promosi selama setahun. Dia menyatakan puas dengan hasilnya. Sebab, dia punya ciri fisik seperti perempuan lain meski tidak asli. ’’Kini saya punya ukuran B. Badan saya cocoknya pakai ukuran (payudara) B atau C. Lebih tebal, natural, dan tahan lama,’’ ungkap dia.

Soal efek samping, Dena mengungkapkan bahwa gel yang terpasang di dadanya adalah yang terbaik. ’’Jadi, saya tidak khawatir. Saya juga ditangani dokter profesional,’’ ucap dia yang di-support keluarga dan teman-teman.

Memang, dia merasakan sesak selama beberapa hari pascaoperasi. Selain itu, dia sakit di bagian dada barunya. ’’Saya diberi obat antiradang dan antiinfeksi agar nggak kenapa-kenapa karena luka (di bagian dada). Operasinya berjalan sukses dan baik,’’ tutur Dena.

Terakhir, Dena mengaku tidak akan lagi menjalani operasi perubahan bentuk tubuh. Bagi dia, memiliki payudara sudah memperjelas jati dirinya sebagai seorang perempuan seutuhnya. ’’Tidak ada operasi lagi,’’ tandasnya. (dod/c14/jan)


JAKARTA – Dena Rachman, 27, mantan artis cilik bernama Renaldy Rachman yang kini menjadi transgender, mengumumkan penampilan barunya,


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News