Rabu, 21 Februari 2018 – 10:05 WIB

Dengarkan Musik Kesukaan Bisa Atasi Badan Lemas?

Senin, 12 Februari 2018 – 12:58 WIB
Dengarkan Musik Kesukaan Bisa Atasi Badan Lemas? - JPNN.COM

jpnn.com, JAKARTA - Anda mungkin sering melihat orang memakai headset dan mendengarkan musik sembari berlari atau sekadar berdiri di bus menuju perjalanan ke kantor di pagi hari.

Ini merupakan hal yang lumrah, karena ternyata mendengarkan musik bisa menjadi cara yang ampuh untuk mengatasi badan lemas di pagi hari, untuk memulai aktivitas seharian.

Musik telah terbukti bisa meningkatan fungsi memori, membantu penyembuhan terhadap suatu penyakit serta membantu tubuh Anda merasa lebih relaks. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa musik bisa memperbaiki kesehatan dan kinerja manusia.

Menurut Harvard Health Publishing, masuknya musik ke telinga Anda dalam bentuk gelombang suara akan dikumpulkan pada kanal telinga tengah dan disalurkan ke gendang telinga dan menimbulkan getaran hingga mencapai tulang ketiga dan terhubung ke koklea.

Seorang ahli saraf bernama Dr. Oliver Sacks membahas banyak tentang pengaruh musik terhadap otak dalam bukunya yang bertajuk Musicophilia.

Dia menyatakan musik memiliki banyak aspek terhadap kesehatan melalui otak, mulai dari memori dan mood sampai fungsi kardiovaskular dan performa atletik seseorang.

Sebuah penelitian 2006 dilakukan terhadap 60 orang dewasa yang memiliki penyakit kronis. Penelitian ini menemukan bahwa musik mampu mengurangi rasa sakit, depresi dan kecacatan pada tubuh responden.

Tak hanya itu, David M. Greenberg seorang psikolog di University of Cambridge, Inggris, bahkan menciptakan daftar lagu khusus yang dirancang secara ilmiah untuk memulai pagi hari yang lebih bersemangat.

Sumber : Klikdokter
SHARES
TAGS   Olahraga Musik
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar