Depag Usul Kuota Haji Tambah 3000

Depag Usul Kuota Haji Tambah 3000
Depag Usul Kuota Haji Tambah 3000
JAKARTA -- Departemen Agama RI sedang mengajukan usul penambahan kuota sebanyak 3.000 jemaah calon haji (JCH) untuk diberangkatkan ke tanah suci 2009 ini. Hanya saja, usul itu belum dijawab oleh pemerintah Arab Saudi. Diperkirakan jawaban akan dibalas oleh Menteri Haji Pemerintahan Arab menjelang puasa ramadhan 1430 hijriyah.

“Ya, Menteri Agama (Maftuh Basyuni) sudah mengajukan usul itu sekitar sebulan lalu. Diharapkan Menteri Haji Arab Saudi bisa memberikan jawaban secepatnya. Kita tahu jumlah waiting list haji kita sudah membeludak,” kata Sekretaris Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah, Abdul Ghafur Djawahir di Jakarta, Senin (13/7).

Jemaah yang diberangkatkan pada musim haji 2009 sebanyak 207 ribu. Jumlah itu sama dengan jumlah jemaah yang diberangkatkan musim lalu. Jumlah itu juga sudah termasuk haji khusus sebanyak 16 ribu jemaah. “Waiting list kita sebanyak 818 ribu jemaah, tahun ini diberangkatkan sebanyak 207 ribu, berarti masih ada sisa sebanyak 600 ribuan jemaah, berarti bisa sampai 2013, perlu diingat juga jumlah itu terus bertambah,” kata Ghofur.

Hanya saja, membludaknya jumlah jemaah yang akan berangkat menunaikan rukun Islam kelima itu tidak merata untuk setiap daerahnya. “Jumlahnya berbeda-beda, ada yang hanya tiga tahun ke depan, tapi ada juga yang sampai lima tahun. Kami berupaya memenuhi tuntutan masyarakat agar jumlah jemaah yang bisa berangkat ditambah,” papar dia.(gus/JPNN)
Berita Selanjutnya:
SBY Konsisten Dukung KPK

JAKARTA -- Departemen Agama RI sedang mengajukan usul penambahan kuota sebanyak 3.000 jemaah calon haji (JCH) untuk diberangkatkan ke tanah suci


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News