Desak Pipa Gas Dipercepat, Untuk Trans Jawa

Desak Pipa Gas Dipercepat, Untuk Trans Jawa
Desak Pipa Gas Dipercepat, Untuk Trans Jawa
JAKARTA - Menteri Negara BUMN Dahlan Iskan meminta pengerjaan pipa gas Trans Jawa dipercepat. Sebab, saat ini Indonesia belum memiliki jalur yang dapat mengalirkan gas dari timur ke barat.

Hingga kini, jalur pipa yang ada hanya dari barat Pulau Jawa, yaitu Banten sampai ke Jakarta diteruskan ke Cirebon, Jawa Barat. Kemudian, dari Gresik ke Cepu dan dari Cepu ke Semarang, Jawa Tengah.

"Waktu saya masih di PLN sudah ditandatangani. Tinggal Semarang ke Cirebon yang belum ada. Kalau jadi pipa Trans Jawa yang kelebihan gas di timur bisa dialirkan ke barat. Kalau di barat sudah over dapat dialirkan ke tengah, sehingga gas tidak mengumpul di timur dan barat saja," ungkap Dahlan di Jakarta, akhir pekan lalu.

Dia memperkirakan, kira-kira tiga bulan lagi PLN akan kelebihan gas untuk Gresik. Karena milik PLN, Dahlan mengaku akan mengusahakan kelebihan tersebut untuk industri. Ini agar kekurangan sejumlah industri dapat ditutupi.

JAKARTA - Menteri Negara BUMN Dahlan Iskan meminta pengerjaan pipa gas Trans Jawa dipercepat. Sebab, saat ini Indonesia belum memiliki jalur yang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News