Desember Puncak Musim Hujan, Semua Pemda Harus Waspada

Desember Puncak Musim Hujan, Semua Pemda Harus Waspada
Warga menggunakan payung saat hujan turun. Foto/ilustrasi: arsip JPNN.com/Ricardo

jpnn.com, JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengingatkan masyarakat mencermati prakiraan cuaca yang menyebut hujan akan mengguyur sejumlah wilayah Indonesia pada Sabtu ini (10/12).

Laman resmi BMG mengabarkan hujan dengan intensitas lebat diperkirakan turun di Bengkulu, Bandung, Pangkal Pinang, Bandar Lampung dan Ambon saat siang harinya.

Adapun hujan berintensitas sedang berpotensi mengguyur Medan pada siang hari. Selanjutnya, hujan dengan intensitas yang lebih ringan akan mengguyur Kota Banda Aceh, Jakarta, Banjarmasin, Tanjung Pinang, Mataram, Manokwari, Makassar dan Padang.

BMKG juga memprakirakan cuaca Denpasar, Yogyakarta, Gorontalo, Jambi, Surabaya, Pontianak, Samarinda, Tarakan, Kupang, Kota Jayapura, Kendari, Manado dan Palembang dalam kondisi cerah berawan.

Syahdan, cuaca berawan akan terjadi di Serang, Palangkaraya, Ternate, Pekanbaru dan Mamuju. Namun hanya Semarang yang akan berawan tebal.

BMKG menyatakan prediksi hujan lebat disertai kilat dan petir akan terjadi pada malam hari di wilayah Banda Aceh, Jambi, Pekanbaru dan Mamuju. Adapun hujan dengan intesitas sedang diprediksi terjadi di Padang dan Medan.

Untuk Kota Denpasar, Serang, Bengkulu, Jakarta, Bandung, Pontianak, Tarakan, Pangkal Pinang, Tanjung Pinang dan Ambon akan mengalami hujan dengan intensitas ringan.

Menurut laman BMKG, suhu di kota-kota besar akan mencapai 20-33 derajat celcius. Adapun tingkat kelembabannya di kisaran 55-100 persen.

BMKG mengingatkan masyarakat mencermati prakiraan cuaca yang menyebut hujan lebat akan mengguyur sejumlah wilayah Indonesia pada hari ini.

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News