Desmond: SE Kapolri Karena Rezim Jokowi Takut Kritik?

Desmond: SE Kapolri Karena Rezim Jokowi Takut Kritik?
Presiden Joko Widodo. FOTO: DOK.JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA – Wakil Ketua Komisi III DPR masih bertanya-tanya mengenai latar belakang terbitnya Serat Edaran (SE) Kapolri Nomor: SE/6/X/2015 tentang Penanganan Ujaran Kebencian atau hate speech. Apakah ditujukan bagi seluruh warga negara atau sekedar ketakutan pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla terhadap kritik rakyat.

“Ini ditujukan pada siapa, apakah semua warga negara dikenakan atau hanya ketakutan rezim Jokowi atas kritikan saat ini. Kalau tujuannya agar gak ada masyarakat yang kritik pemeintah maka itu sudah kebablasan,” kata Desmond saat dihubungi di Jakarta, Senin (2/11).

Politikus Gerindra itu menyebutkan, bila SE ini dikaitkan dengan konflik SARA, maka sudah ada aturan yang mengaturnya. Namun kalau SE ini dibuat guna meredam suara kritis masyarakat terhadap pemerintah, maka tindakan Kapolri dinilainya melanggar.

“Kebencian itu antar masyarakat atau masyarakat dengan pemerintah, yang gak puas dengan pemerintah? Kalau untuk masyarakat kan bagus. Tapi kalau untuk meredam kritik pada pemerintah itu melanggar," tegasnya.

Kalau memang tujuan pemerintah tidak mau dikirtik masyarakat, maka Desmond menyarankan dibuat saja aturan yang jelas, misalnya setiap warga negara dilarang kritik Presiden. Karena itu, Desmond berharap pemerintah membuat aturan yang jelas, apalagi ukuran ujaran kebencian itu sendiri masih belum ada tolak ukurnya.(fat/jpnn)


JAKARTA – Wakil Ketua Komisi III DPR masih bertanya-tanya mengenai latar belakang terbitnya Serat Edaran (SE) Kapolri Nomor: SE/6/X/2015 tentang


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News