Senin, 10 Desember 2018 – 22:51 WIB

Deteksi Dini Kanker Serviks, Seskoal Gelar Pap Smear

Jumat, 12 Oktober 2018 – 10:23 WIB
Deteksi Dini Kanker Serviks, Seskoal Gelar Pap Smear - JPNN.COM

jpnn.com, JAKARTA - Satuan Kesehatan (Satkes) Sekolah Staf dan Komando Angkatan Laut (Seskoal) menggelar kegiatan Deteksi Dini Kanker Serviks dengan Pemeriksaan Pap Smear di Ruangan Satkes Seskoal, Bumi Cipulir, Jakarta Selatan, Kamis (11/10). Kegiatan ini dalam rangka rangkaian memperingatan Hari Ulang Tahun TNI AL ke-73 serta Hari Ulang Tahun Kesehatan TNI AL tahun 2018.

Sebanyak kurang lebih 90 orang mengikuti pemeriksaan Pap Smear di antaranya istri para prajurit yang tergabung dalam Jalasenastri, anggota Korps Wanita Angkatan Laut (Kowal) serta Pegawai Negeri Sipil (PNS) Wanita dan masyarakat sekitar Kompleks Seskoal.

Pada kesempatan ini, Satkes Seskoal bekerja sama dengan BPJS Kesehatan dan Laboratorium Klinik Prodia diawali dengan penyuluhan kesehatan mengenai kanker serviks yang dibawakan oleh Ibu Maria dari Prodia.

Dalam penyuluhan tersebut disampaikan bahwa salah satu langkah pengujian untuk mendeteksi ada tidaknya gangguan pada leher Rahim berkaitan dengan kanker serviks pada wanita yaitu dengan pemeriksaan Pap Smear.

Pap Smear merupakan kepanjangan dari Papanicolau test. Test ini merupakan tes yang digunakan untuk melakukan skrening terhadap adanya proses keganasan (kanker) pada daerah leher rahim (serviks). Apabila dari hasil pemeriksaan Pap Smear tersebut ditemukan adanya kelainan atau ditemukan sel-sel kanker maka akan diberikan rujukan ke rumah sakit untuk diperiksa oleh dokter spesialis guna penanganan pengobatan lebih lanjut.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Komandan Seskoal Laksamana Pertama TNI TSNB. Hutabarat, Seklem Seskoal Kolonel Laut (S) Hardiko, Dirbin Seskoal Kolonel Laut (T) Edy Wahyanta, Kasatkes Seskoal Letkol Laut (K) dr. Isdiyanto Septiadi, Wakil Ketua Cabang BS Jalasenastri Seskoal Ny. Dhira Hutabarat beserta para pengurus CBS Jalasenastri Seskoal.(fri/jpnn)

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar