Senin, 19 November 2018 – 20:23 WIB

Detik-detik Johni Lari dari Barisan, Panjat Tiang Bendera

Sabtu, 18 Agustus 2018 – 13:09 WIB
Detik-detik Johni Lari dari Barisan, Panjat Tiang Bendera - JPNN.COM

jpnn.com - Yohanes Ande Kala Marchal, bocah pemanjat tiang bendera saat saat upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-73 di lapangan Pantai Motaain, Belu, NTT, mendapat apresiasi luar biasa dari masyarakat Indonesia. Begini ceritanya.
--
Suasana lapangan mendadak tegang. Pasalnya bendera merah putih yang siap dikibarkan pasukan pengibar bendera (Paskibra) tidak berhasil dikibarkan lantaran tali pengikat bendera Merah Putih tiba-tiba putus saat paskibra akan mengibarkan bendera.

Momen menegangkan itu berhasil diselamatkan oleh seorang siswa kelas I SMP Negeri Motaain Yohanes Ande Kala yang saat itu siaga dalam barisan bersama teman-temannya.

Kejadian bersejarah ini terjadi saat wakil bupati Belu J. T. Ose Luan bertindak selaku inspektur upacara di Motaain itu.

"Paskibranya yang sudah menyatakan bendera siap lalu dua orang paskibra yang bertugas tarik tali bendera juga mulai tarik-tarik tali benderanya. Baru tarik tali benderanya tiba-tiba tali pengikat bendera merahnya putus sehingga bendera Merah Putih tidak jadi berkibar, tapi lagu Indonesia Raya tetap dinyanyikan dan Paskibra dan peserta upacara lainnya tetap dalam posisi siap sampai selesai," jelas Wakil Bupati Belu J.T. Ose Luan usai upacara.

Menurut Wabup Belu bendera Merah Putih berhasil dikibarkan setelah bocah 14 tahun Yohanes Ade Kala secara spontan bergegas dari barisannya dan menuju tiang bendera lalu panjat untuk mengambil ujung tali bendera yang sudah terlanjur tersangkut pada puncak tiang bendera.

"Setelah lagu Indonesia Raya dinyanyikan lalu dari mimbar saya bilang tolong cari anak-anak yang bisa panjat untuk ambil ujung talinya, tiba- tiba saya lihat ada anak kecil berpakaian seragam SMP muncul dan menuju tiang bendera kemudian berusaha panjat tiangnya tapi sebelumnya saya suruh dia lepaskan sepatunya setelah itu baru anak kecil ini panjat tiang dan ambil ujung tali bendera dari puncak tiangnya," jelas Wabup Belu.

Bendera Merah Putih kata Wabup Belu dikibarkan lagi tanpa lagu Indonesia Raya oleh paskibra setelah bocah Yohanes Ande Kala berhasil membawa turun tali bendera merah putih dari puncak tiang bendera.

"Jadi setelah Johni bawa turun tali bendera dengan cara menggigit ujung talinya sampai di tanah lalu bendera Merah Putih kami kibarkan lagi dalam keadaan semua peserta siap tanpa menyanyikan lagu Indonesia Raya," jelas Wabup Luan.

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar