Dewan Desak Tugu Adipura Dibongkar

Dewan Desak Tugu Adipura Dibongkar
Dewan Desak Tugu Adipura Dibongkar

jpnn.com - MAKASSAR - Anggota Komisi C Bidang Pembangunan DPRD Makassar, Mudzakkir Ali Djamil mempertanyakan belum dibongkarnya tugu Adipura di Jalan Urip Sumoharjo depan PLTU Tello, Makassar.

Padahal, sejak tahun lalu, Komisi C merekomendasikan pemindahan tugu tersebut. Apalagi setiap hari macet di sekitar tugu.
    
"Rekomendasi dewan, tugu itu memang harus dibongkar. Itu dibahas 2013 lalu pada pembahasan APBD pokok," ujar Mudzakkir, Jumat (25/4).
    
Menurut Ketua Fraksi PKS DPRD Makassar ini, dengan telah adanya tugu kembar Adipura di Anjungan Pantai Losari, maka otomatis tugu yang lama sudah tak diperlukan. Makassar baru dua kali mendapatkan Adipura sehingga tugu kembar saat ini sudah mewakili.
    
Terpisah, Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Wilayah IV Makassar belum berencana melakukan pembongkaran. Kepala Satker Non Vertikal BBPJN Wilayah IV Makassar, Rachman Djamil, mengatakan bahwa sebelum pembongkaran banyak hal yang perlu dilakukan seperti membicarakan dahulu dengan Dinas Perhubungan dan kepolisian. Termasuk bagaimana manajemen lalu lintasnya.
    
"Kita juga belum melakukan survei, bagaimana volume dan diameter. Nanti setelah dilakukan survei baru diketahui anggaran yang dibutuhkan. Apalagi, penyerahannya baru, nanti setelah anggaran berjalan. Makanya belum dianggarkan," tandasnya.
    
Terpisah, Kadis PU Kota Makassar, M. Anshar mengatakan pihaknya sudah menyurat ke pihak BBPJN agar tugu dibongkar. "Mengenai penataan setelahnya dan dibangun apa, itu kewenangan pihak Balai," terangnya. (lin/ian)


MAKASSAR - Anggota Komisi C Bidang Pembangunan DPRD Makassar, Mudzakkir Ali Djamil mempertanyakan belum dibongkarnya tugu Adipura di Jalan Urip Sumoharjo


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News