Dewan Minyak Sawit Indonesia Berpartisipasi Dalam Hannover Messe 2023

Dewan Minyak Sawit Indonesia Berpartisipasi Dalam Hannover Messe 2023
Dewan Minyak Sawit Indonesia Berpartisipasi Dalam Hannover Messe 2023. Foto: dok. DMSI

jpnn.com, JAKARTA - Industri kelapa sawit berpartisipasi dan mendukung pemerintah dalam pameran Hannover Messe 2023 yang diselenggarakan di Jerman, pada 17-21 April.

Adapun Industri kelapa sawit menjadi salah satu tulang punggung perekonomian Indonesia, yang memberikan nilai ekspor nonmigas sebesar 13,5% atau setara dengan USD 39 miliar pada 2022.

Dalam ajang tersebut, Dewan Minyak Sawit Indonesia (DMSI) turut menjadi bagian dari co-exhibitor bersama Gabungan pengusaha kelapa sawit Indonesia (Gapki), Indonesia Biofuel Producer Association (Aprobi).

Kemudian, Indonesian Oleochemical Manufacturer Association (Apolin), dan Masyarakat Perkelapasawitan Indonesia (MAKSI ), serta mengajak lembaga pendidikan/riset dari pusat rekayasa katalis ITB.

Tujuan keikutsertaan Industri kelapa sawit indonensia dalam pameran ini yaitu menunjukan kepada dunia, khususnya kepada masyarakat Uni Eropa tentang manfaat kelapa sawit untuk produk pangan dan energy terbarukan, dan pengelolaan kelapa sawit Indonesia dikelola dengan berkelanjutan.

Paulus Tjakrawan, Ketua Asosiasi Produsen Biofuel Indonesia mengatakan kehadiran mereka di Hanover Messe 2023 didorong oleh beberapa hal, utamanya adalah mendukung upaya promosi, aksi diplomasi pemerintah di Eropa untuk produk sawit dan perdagangan.

"Secara khusus kami mengharapkan agar dunia usaha dan masyarakat Eropa-Germany dapat lebih mengerti tentang biodiesel dari sawit serta adanya kerjasama pengembangan renewable energy serta untuk menghilangkan hambatan perdagangan,” ujar Paulus Tjakrawan, dalam keterangannya, Jumat (21/4).

Menurut Paulus, industri kelapa sawit selalu berupaya memenuhi prinsip dan kriteria keberlanjutan bersama-sama pemerintah dan dunia usaha.

Dewan Minyak Sawit Indonesia (DMSI) turut berpartisipasi dalam ajang Hannover Messe 2023.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News