Di Depan Komisi XI, Rizal Ramli Kembali Serang Sri Mulyani

Di Depan Komisi XI, Rizal Ramli Kembali Serang Sri Mulyani
Menko Kemaritiman Rizal Ramli saat menghadiri Malam Budaya Menyongsong Badan Otorita Danau Toba, Jakarta, Rabu (25/5). Foto: Ricardo/JPNN.com Ilustrasi by: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Rizal Ramli sama sekali bukan penggemar Menteri Keuangan Sri Mulyani. Tak heran, dia memanfaatkan undangan rapat dengar pendapat umum dengan Komisi XI DPR sebagai panggung untuk (lagi-lagi) menyerang anak buah Presiden Joko Widodo itu.

Kali ini dia mengkritik perubahan sistem belanja kementerian/lembaga dari menggunakan uang tunai ke kartu kredit. Rizal heran dengan kebijakan Sri Mulyani itu. Apalagi, tidak seluruh dunia menggunakan transaksi kartu kredit.

"Saya bingung menkeu keluarkan agar anjuran pakai credit card. Tidak ada itu, biaya transaksi besar, tapi bunga kredit kan tinggi. Tidak ada di seluruh dunia transaksi pakai credit card. Artinya jangan sampai ada likuiditas miss match," jelasnya saat memenuhi undangan Komisi XI DPR RI pada Rapat Dengar Pendapat Umum, Senin (26/3).

Kehadiran Rizal di ruang rapat Komisi IX sebenarnya untuk dimintai saran dan pendapat terkait seleksi calon gubernur dan deputi gubernur Bank Indonesia (BI). Entah kenapa, Rizal malah bicara panjang lebar soal kebijakan-kebijakan Sri Mulyani.

Komisi XI, kata Rizal, harus bersikap keras kepada Sri Mulyani agar tidak terus-terusan mengambil kebijakan yang salah.

"Kami minta DPR, galakan dikit gitu loh. Jangan menkeu (Sri Mulyani) bilang prudent saja," jelasnya.

Rizal Ramli juga mengkritik Sri Mulyani tentang utang negara yang mencapai Rp 4 ribu triliun. Menurut dia, Sri Mulyani kurang memiliki inovasi dalam membayar utang-utang tersebut.

Dia lalu membanggakan kinerjanya sebagai menko perekonomian di bawah Presiden Abdurrahman Wahid 16 tahun lalu.

Rizal Ramli memanfaatkan kesempatan rapat dengar pendapat dengan Komisi XI DPR sebagai panggung untuk menyerang Menteri Keuangan Sri Mulyani

Sumber RMOL.co

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News