Di DPR Ramai, Pemerintah Masih Santai

Soal Wacana Kenaikan Parliamentary Threshold

Di DPR Ramai, Pemerintah Masih Santai
Mendagri Gamawan Fauzi.
JAKARTA - Partai politik di DPR RI saat ini sedang meributkan soal kenaikan parliamentary threshold (ambang batas perolehan suara bagi parpol agar bisa diikutkan dalam penghitungan kursi di DPR). Namun sejauh ini, pemerintah justru santai saja.

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Gamawan Fauzi, menyatakan bahwa kementrian yang dipimpinnya sampai saat ini belum membahas soal kenaikan PT. "Saya belum bahas itu. Kita akan bahas nanti bersama-sama dengan dewan," ujar Gamawan saat ditemui usai salat Jumat di kantornya.

Meski demikian Gamawan mengakui bahwa pihaknya sependapat dengan niatan untuk menyederhanakan jumlah parpol. Pasalnya, semangat penyederhanaan jumlah parpol juga sudah ada di UU. "Boleh multi partai, tapi lebih sederhana. Jangan terlalu banyak," sambung Gamawan.

Hanya saja mantan Gubernur Sumatera Barat itu belum dapat memastikan mekanisme untuk menyederhanakan jumlah parpol. "Apakah jalannya dengan parliamentary threshold yang diajukan sampai ke daerah atau sistem lain. Kita coba mengkajinya," tandasnya.

JAKARTA - Partai politik di DPR RI saat ini sedang meributkan soal kenaikan parliamentary threshold (ambang batas perolehan suara bagi parpol agar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News